Program pensiun terbaik terpercaya dan menguntungkan

Apa program program pensiun yang menguntungan dan terpercaya ketika kita masuk di dalamnya? Rasanya sangat subyektif andai seorang memberi nasehat kepada kita untuk memilih satu satunya program pensiun terbaik tanpa membandingkan dengan program lain.

Pensiun, sesuatu yang sangat penting tetapi diabaikan oleh sebagian besar orang di dunia. Kita terlalu disibukkan dengan pentingnya kerja keras mati matian sampai lupa memikirkan masa depannya sendiri. Bukan rahasia lagi bahwa sebagian besar orang bekerja mendapatkan uang, lalu uang itu habis , habis dan terus berkurang sebelum gajian berikutnya tiba.

Lupa tidak merencanakan bekal keuangan pada dasarnya merupakan kesalahan jangka panjang, karena adanya keyakinan yang kurang tepat  seperti pernyataan "jangan pikirkan hari esok, karena esok akan memiliki kesulitan tersendiri". Pernyataan ini hendaknya dibalik "siapkan bekal uang yang cukup untuk menghadapi kemungkinan sulit di hari depan saat tiada lagi yang bisa kita andalkan".

Pembaca www.gagal.id terkasih  ....Jumlah uang yang kita butuhkan memang perlu direncanakan, bukan sekedar untuk menghadapi kemungkinan kemungkinan dimasa depan, tetapi agar kita punya keseimbangan yang lebih baik dalam hidup. Mari kita gali bersama lewat empat pertanyaan berikut ini :

1. Jika besok anda berhenti kerja , baik karena sengaja ataupun akibat usia yang tak memungkinkan, kira kira adakah penurunan standar hidup yang anda miliki, jika standar anda menurun, apakah anda bisa menerimanya?

2. Kapan pastinya anda ingin pensiun dan menikmati hari hari dengan rasa nyaman, aman dan bahagia bersama keluarga tercinta?

3. Berapa pastinya jumlah uang yang akan anda tabung sebagai bekal pensiun, mengapa anda membutuhkan uang dalam jumlah tersebut, bisakah anda merinci secara jelas alasannnya?

4. Apa saja yang sudah ketahui mengenai perhitungan program dana pensiun, utamanya yang ditawarkan seseorang pada anda di hari ini, bisakah anda melakukan perbandingan dengan program program pensiun ditempat lain?

Point pertama hendaknya dijawab dengan sejujur jujurnya, karena faktanya banyak orang mengalami penurunan standar hidup setelah mereka pensiun. Sebagian tidak lagi mampu menikmati gaya hidup sebagaimana yang sudah pernah dinikmati. Mungkin awalnya ia tinggal di rumah mewah, tetapi setelah pensiun terpaksa harus tinggal di rumah biasa dan berada di daerah terpencil.

Ketika anda tak mau menerima penurunan kualitas maka mulai detik ini rasanya menjadi penting untuk menyiapkan pensiun yang sejahtera dan terhormat supaya standar hidup yang anda inginkan tetap terjaga. Terlebih untuk orang yang tak tahan dengan gunjingan orang, maka penyiapan dana masa depan merupakan keharusan yang tak bisa ditawar tawar.

Pada point kedua, seorang hendaknya sudah punya rencana pasti kapan akan pensiun dan melakukan perkiraan akan sisa usia yang akan dijalani. Meski tak ada yang tahu berapa umur seseorang, tetapi kita bisa membandingkan rata rata umur manusia agar punya perbandingan mendekati kebenaran. Misalnya anda seorang kepala rumah tangga yang saat ini berumur 34 tahun dan memutuskan akan pensiun secara pasti pada usia 50 tahun.

Tepat di ulang tahun anda yang ke 34 tahun ini, anda telah menetapkan tekad untuk menyiapkan dana pensiun agar bisa menjadi bekal setelah tidak bekerja lagi. Uang yang anda perlukan tentunya untuk memenuhi semua kebutuhan anda bersama istri dengan gaya hidup yang tak jauh beda dengan standar saat ini.

Point ketiga meminta orang yang akan pensiun menghitung kebutuhannya dengan analisis mendalam. Berapa pastinya uang yang anda butuhkan harus dijawab secara real agar standar tidak mengalami penurunan. Kalau anda menjawab dengan kata kata "membutuhkan uang sebanyak banyaknya" maka itu bisa menjebak kondisi anda dimasa depan. Sebab nilai uang yang anda miliki saat ini akan berkurang dibandingkan beberapa puluh tahun yang akan datang. 

Kembali ke contoh di atas, kepala rumah tangga itu setidaknya harus menabung selama 50 - 34 atau 16 tahun. Lalu dia meramalkan akan meninggal pada usia 70 tahun, maka uang yang dikumpulkan hendaknya cukup untuk biaya hidup selama 20 tahun tanpa mengalami penurunan kualitas hidup. Persoalan akan kian rumit ketika ternyata ia baru meninggal pada usia 90 tahun atau lebih. 

Disinilah pentingnya perencanaan secara mendalam dan penuh kecermatan, karena semua hal bisa terjadi dan mungkin saja dimasa depan akan ada beban hidup tambahan yang tidak diperhitungkan pada saat mengambil program pensiun.Sekali lagi berapa jumlah uang yang dibutuhkan akan menentukan berapa besar uang yang akan anda tabung secara disiplin tiap bulannya pada program pensiun yang anda pilih.

Point keempat akan membantu siapa saja yang ingin pensiun dengan lebih bijak. Anda perlu memiliki kemampuan dalam melakukan kalkulasi atas dana yang anda simpan secara rutin lewat program pensiun. Sebagian orang percaya begitu saja dengan program program pensiun tanpa mempertimbangkan akibatnya. Lebih baik salah di awal diawal dibandingkan harus menanggung masalah ketika anda sudah punya pensiun. 

Sebelum anda benar benar memutuskan untuk mengambil program pensiun maka jauh lebih baik menambah pengetahuan akan masalah inflasi, dampak pajak yang diberlakukan dan kebijakan lain yang berpengaruh pada program tersebut. Selalu mengingat bahwa satu milyar di tahun 2015 tak akan sama nilainya dengan satu milyar di tahun 2035 atau dua puluh tahun dari sekarang. 

Bagaimana ketika anda sudah belajar memahami masalah pensiun tetapi malah jadi bertambah bingung, apa yang sebaiknya dilakukan? Anda berkonsultasi dengan para ahli yang berkompeten dan punya reputasi bagus. Konsultasi dengan satu ahli saja sangatlah kurang, perlu konsultasi dengan beberapa ahli yang menurut anda telah berpengalaman.

Terus adakah cara praktis untuk lebih menyederhanakan masalah pensiun? Sejatinya tak ada cara yang praktis, sebab pensiun melibatkan banyak faktor, ada banyak sistem yang mempengaruhi , termasuk kebijakan pemerintah dan kondisi keuangan dunia. 

Namun prinsip sederhana yang bisa dipegang adalah jika anda biasa hidup dengan gaya hidup yang membutuhkan biaya 100 juta per tahun maka anda harus tahu berapa nilai uang di tahun berikutnya yang setara dengan 100 juta dimasa sekarang. Lalu berapa nilai uang yang senilai 100 juta di tahun tahun selanjutnya hingga anda meninggal dunia. Untuk lebih jelasnya www.gagal.id memberikan contoh dengan gaya hidup kepala rumah tangga di atas. 

Kepala rumah tangga itu ternyata  bernama Pak Rudi. Ia melakukan perhitungan bahwa biaya hidup bersama istri saat ini selama satu tahun sebesar 240 juta. Atau jika dirata rata maka mereka berdua membutuhkan dana 10 juta per bulan agar semua gaya hidupnya tak terganggu. 

Dengan bekal penghitungan , Pak Rudi mendapatkan informasi bahwa 16 tahun kemudian setelah dirinya pensiun maka nilai uang 240 juta saat ini akan sama dengan 120 juta atau mengalami penurunan nilai sebesar 50 %. Oleh karena itu Pak Rudi mengambil keputusan lain dan mulai menabung secara disiplin untuk bekal pensiun.

Pak Rudi tahu bahwa pada tahun tahun berikutnya nilai uang akan terus mengalami penurunan dan setelah menghitung dengan cermat , ia mencoba untuk menghitung nilai uang yang dibutuhkan 20 tahun kemudian ( ingat pada usia 70 an Pak Rudi diperkirakan meninggal dunia)

Setelah hitung hitungan rumit dilakukan Pak Rudi menemukan jika nilai 240 juta di tahun ini ( saat pak rudi belum pensiun dan sedang berencana mengambil program pensiun) akan sama nilainya dengan 90 juta di tahun terakhir Pak Rudi berada di dunia.

Karena Pak Rudi tak mau menerima penurunan standar hidup sebagaimana yang biasa dinikmatinya maka ia pun menetapkan rencana untuk mengambil program pensiun yang tepat dan menguntungkan. Lalu Pak Rudi mengambil secarik kertas dan melakukan tindakan berikut :

1. Pak Rudi akan menabung sejumlah uang pada program pensiun terbaik selama 16 tahun dengan kedisiplinan tinggi. Ia tak mau asal asalan dan tak akan pernah percaya dengan program pensiun manapun yang tidak jelas arahnya.

2. Pak Rudi menyamakan nilai uang 240 juta/tahun di hari ini akan sama dengan 90 juta/tahun di tahun terakhirnya saat ia sudah pensiun. Oleh karena itu ia membutuhkan dana pensiun yang memberi imbal balik dimasa depan minimal setara dengan 240 juta/tahun di hari ini.

3. Pak Rudi pun merenung dan menimbang nimbang mana yang akan dipilih. Tidak cukup merenungkan hasil hitungannya dalam satu malam, ia membutuhkan setidaknya seminggu sebelum mulai menandatangani program pensiun terpercaya pilihan hatinya.

Pembaca yang baik... apakah anda bingung setelah sampai pada point terakhir ini? Tak mengapa jika gambaran di atas masih membingungkan, namun satu harapan penulis semoga bisa sedikit membantu permasahan yang sedang anda hadapi. Terima kasih atas kunjungan anda ke www.gagal.id, mohon untuk berkunjung kembali, karena akan penulis update dengan tulisan lain yang berhubungan dengan program pensiun. 

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *