7 Pertanyaan Untuk Memahami Keuangan Anda

Selamat malam sahabat www.gagal.id, Apa pentingnya memahami situasi keuangan yang kita miliki saat ini dan mengapa kita sangat penting menjawab pertanyaan pertanyaan yang terangkum dalam 7 point di bawah ini. Sebelum melanjutkan ada baiknya siapkan selembar kertas agar bacaan ini tidak sia sia. Jika kertas dan alat tulis sudah disediakan maka mari kita lanjutkan:

1. Berapa banyak jumlah utang yang anda miliki saat ini? Tiap orang hampir dipastikan punya hutang, entah itu hutang dalam bentuk fisik ataupun non fisik. Hutang yang penulis maksud disini adalah suatu pinjaman dalam bentuk uang kepada pihak lain. 

Mengetahui dengan tepat berapa jumlah semua hutang yang harus dilunasi benar benar tak bisa diabaikan, sebab hutang merupakan kewajiban yang harus dibayar sesuai perjanjian. Umumnya orang menghadapi situasi yang menyulitkan ketika mereka selalu menganggap remeh jumlah utang yang sudah disetujui. Segera tuliskan dan rincikan jumlah hutang anda di secarik kertas sebelum membaca point yang kedua. 

2. Berapa potensi penghasilan anda tiap bulan? Potensi pendapatan sangat berbeda dengan jumlah pendapatan yang rutin mengalir. Potensi penghasilan lebih mengarah pada kemampuan anda dalam menghasilkan uang pada jangka tertentu. Anda bisa mulai merenungkan kembali untuk meningkatkan jumlah penghasilan ketika anda merasa punya keyakinan tinggi untuk mencapainya. Segera tuliskan angka kemungkinan penghasilan yang anda miliki dengan membandingkan beberapa hasil pendapatan anda selama satu tahun ke belakang. 

3. Berapa penghasilan sebenarnya yang anda miliki saat ini tiap bulannya? Dengan melakukan evaluasi secara jujur, anda akan mengetahui berapa uang yang sudah anda hasilkan tiap bulan. Penghasilan sebenarnya menggambarkan kemampuan yang paling mendekati kebenaran dibandingkan dengan kemungkinan meraih penghasilan yang masih tercetak dalam suatu rencana. Catat dan analisislah jumlah penghasilan anda sebenar benarnya. 

4. Bagaimana tingkat kemampuan anda dalam menabung? Kemampuan seseorang dalam menabung akan berbanding lurus dengan kemampuan untuk membayar hutang. Seorang bisa terjebak tak pernah mampu menabung karena uang sudah habis untuk memenuhi kewajiban rutin setiap bulannya. Dari mencicil kredit motor, membayar tagihan kartu kredit dan kewajiban kewajban lain yang membutuhkan dana cash. 

Jika jumlah uang yang anda miliki selalu habis setelah dipakai untuk memenuhi berbagai kewajiban dan kebutuhan rutin maka anda sangat layak bertanya, mengapa hal ini bisa terjadi, bagaimana caranya agar anda bisa menabung dan makin mampu menyisihkan uang untuk keperluan di masa depan?

5. Berapa banyak uang yang anda butuhkan untuk menghadapi kemungkinan masa masa sulit yang tak terduga, kira kira apakah anda memiliki uang sebanyak yang anda butuhkan saat itu?  Masa sulit tak pernah bisa diduga datangnya, tak ada manusia yang mengharapkan kesulitan hingga menguras semua kekayaan yang dikumpulkan bertahun tahun bagi yang sudah menyiapkannya sejak dini. 

Situasi akan kian rumit ketika anda tak pernah membuat perencanaan keuangan dengan tepat. Menabung atau menanamkan modal pada usaha usaha yang menghasilkan pendapatan baru merupakan salah satu solusi , tetapi , apakah jumlah uang yang terkumpul akan mencukupi kebutuhan anda dimasa masa sulit yang tak terduga datangnya? Anda benar benar bisa merenungkan secara mendalam sebelum menjawab pertanyaan penting ini. 

6. Sudahkah anda menyiapkan rencana pasti untuk mengubah kondisi keuangan yang ada saat ini? Meninjau ulang situasi keuangan anda bukan hanya bermanfaat, tetapi akan membuat anda selalu memiliki kesiapan dalam menghadapi masa masa rumit yang tak terduga datangnya. Salah satu contoh yang bisa mengubah kondisi keuangan anda adalah ketika anda harus kehilangan sumber pendapatan utama akibat pemutusan hubungan kerja atau akibat kerja sama bisnis yang dibatalkan. 

Atau usaha anda mengalami kebangkrutan hingga anda menanggung hutang dalam jumlah besar sementara dana yang hendak dipakai untuk melunasi tidak tersedia. Sementara anda juga harus tetap hidup dan menghidupi keluarga, menyekolahkan anak, dan seabreg beban hidup lainnya. Jika perencanaan anda dilakukan ketika masa sulit itu sudah datang maka cenderung lebih susah untuk diatasi. Oleh karena itu perencanaan secara pasti atau skenario yang beraneka ragam layak dipertimbangkan sebagai alternatif solusi agar keuangan anda tetap stabil. 

7. Sebenarnya darimana anda mendapatkan uang , apakah anda yakin dengan sumber pendapatan tersebut sepanjang hidup anda, jika anda tak yakin, langkah apa saja yang akan anda tempuh ? Terkadang kita kaget ketika ada seorang yang awalnya dikenal sangat kaya raya lalu berubah menjadi miskin di waktu yang lain. 

Meski definisi orang kaya itu relatif, namun hampir pasti semua orang mengasosiasikan kaya dengan bergelimangnya harta dan punya kemampuan finansial di atas rata rata. Orang kaya yang jatuh miskin bisa jadi karena kehilangan sumber utama pendapatannya, ia tak lagi mendapatkan aliran uang untuk membiayai gaya hidupnya.

Situasi terbaik tentunya terus mendapatkan peningkatan kekayaaan, baik secara cepat ataupun dalam tahapan tahapan yang lambat. Tetapi bagaimana agar kekayaan terus meningkat ketika pendapatan rutin yang diterimanya tidak jauh beda dengan sebelumnya?. Sementara harga atau biaya hidup tampaknya tak akan pernah menurun, pasti akan selalu naik dan terus naik.

Memang menarik ya jika tulisan ringan ini terus dikembangkan dengan pertanyaan pertanyaan baru, anda bisa menambah pertanyaan tersebut di selembar kertas yang sudah anda sediakan. Hanya dengan mencatat dan menjawab pertanyaan itu maka anda akan menemukan solusi lain dan memikirkan pertanyaan penting untuk mengubah kondisi keuangan anda menjadi lebih baik. Selamat mencoba, terima kasih sudah berkunjung ke www.gagal.id

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *