Penetapan 1 Syawal 1438 Hijriah 2017

Tanggal 1 syawal 2017 jatuh pada hari apa? Pertanyaan ini selalu menarik perhatian umat islam di Indonesia yang akan merayakan lebaran setelah satu bulan penuh berpuasa.

Bukan hanya rakyat yang ramai membicarakan, namun juga udah menjadi perbincangan yang diikuti oleh semua kalangan atau golongan yang ada di Indonesia. Khusus untuk tanggal 1 syawal  di tahun 1438 H ini, belum ada pernyataan resmi yang disampaikan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah keputusan kementrian agama. 

Sebagaimana diberitakan oleh beberapa media nasional Kementerian Agama baru akan melangsungkan sidang Itsbat untuk penetapan 1 Syawal 1438 H pada Mei 2017. Sidang yang ditujukan untuk menetapkan tanggal 1 syawal akan dilakukan secara tertutup di ruang Auditorium HM.Rasjidi, Gedung Kementerian Agama, Jakarta pada hari kamis ini.

Dari informasi yang dihimpun www.bank-bni.com, sidang ini akan diikuti oleh perwakilan kelompok atau ormas Islam dengan jumlah peserta kurang lebih 150 orang. Dari pihak kementrian agama disampaikan kabar bahwa berdasarkan perhitungan posisi hilal, pada tanggal 16 Juli 2015 sudah berada pada ketinggian 3 derajat.Menurut sebagian ahli,posisi yang demikian sudah melebihi batas imkanur ru’yah, atau batas minimal kemungkinan terlihatnya hilal

Namun demikian kementrian agama mengimbau semua umat Islam di Indonesia agar tetap menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan tidak terpancing atas munculnya isu-isu perbedaan yang hingga penetapan 1 syawal selesai dengan menimbang laporan para pengamat hilal di 120 titik yang ditentukan oleh kemenag dari berbagai daerah di Indonesia. 

Di tempat terpisah, H Nahari Muslih,salah satu tokoh ormas Islam terbesar di Indonesia menyatakan posisi bulan sabit pada 29 Ramadhan saat diadakan rukyatul hilal tahun ini sangat tipis sehingga kemungkinan tidak berhasil dilihat.

Sekretaris Lajnah Falakiyah PBNU itu menambahkan bahwa Posisi hilal sangat tipis, hanya tiga derajat, sehingga ada potensi berbeda. Sangat susah melakukan rukyatul hilal pada posisi seperti itu,” kata Muslih, di Jakarta, Rabu (1/7) malam.

Dengan beberapa dasar di atas, beliau menyampaikan analisisnya akan kemungkinan menggenapkan bulan ramadhan sebanyak 30 hari. Jika ini yang terjadi maka 1 syawal akan jatuh pada hari sabtu atau tanggal 18 Juli 2015.

Lain lagi dengan yang terjadi di Australia, umat islam disana kemungkinan besar akan merayakan lebaran pada Mei 2017. Hal ini tentu berbeda juga dengan ketetapan yang ditempuh oleh Keraton Yogyakarta. Pihak keraton, mungkin juga akan diikuti oleh rakyatnya, akan merayakan idul fitri pada hari sabtu meski keputusan pemerintah belum final. 

Bagaimana dengan anda, kira kira mau pilih jumat atau sabtu mas/mbak? Kita hanya cukup menghormati satu sama lain, saya yakin para ulama bukan orang orang kemarin sore. 

Mereka sudah punya bekal yang cukup untuk tidak menyesatkan umatnya. Saya dan juga mungkin anda, tinggal mengikuti keputusan pemimpin dengan sikap yang bijak demia persatuan dan kebaikan umat Islam dan bangsa Indonesia secara  keseluruhan. Atau baca sedikit obrolan ringan berikut :

Ahmad :  Toni, kamu mau lebaran kapan, jumat atau sabtu?

Toni : Kalau bisa ya secepatnya saja, mana yang paling cepat maka itu yang aku pilih. Lebih cepat kan lebih baik, he he

Ahmad : Lho kalau kamu kapan Fer?

Ferdi : Aku ngikut pak kyai saja, karena aku yakin dengan kerendahan hatinya, beliau tak pernah gegabah dalam menentukan plus selalu hati hati kayaknya. 

Toni : Memang kamu sendiri mau lebaran kapan Mad?

Ahmad : Kalau aku sesuai keputusan pemerintah aja, tapi bukan berarti aku lebaran karena pemerintah. Yang aku tahu kita harus tunduk pada pemegang kekuasaan selama mereka benar dan mengambil keputusannya lewat jalur musyawarah.

Ferdi : Berarti kita mesti nunggu hasil sidang itsbat (isbat) ya Mad? 

Ahmad : Kamu benar Fer, kita harus menunggu hasil akhir atas penetapan 1 syawal oleh kementrian agama. Kita tunggu saja hasilnya karena besok mau diumumkan.

Toni : Semoga lebaran diputuskan hari jumat ya Mad,

Ferdi : Semoga lebarannya Sabtu saja ya, karena aku baru dijanjikan uang di hari Jumat untuk bekal lebaran

Ahmad : ( hanya tersenyum melihat mereka berdua)

Terima kasih atas kunjungan anda, jangan lupa untuk membagikan informasi ini ke facebook atau twitter dan luangkan waktu berkunjung lagi pada kesempatan lain, karena info yang lebih update, contoh contoh sms lebaran dan lainnya insya alloh akan saya tambahkan secepatnya di www.gagal.id

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *