Manfaat Menanam Pohon Pepaya

Saya cukup kaget ketika membuka email setelah menunaikan shalat subuh.Salah satu sahabat lama saya ternyata mengunjungi halaman blog www.gagal.id dan meluangkan waktunya untuk membaca tulisan tulisan yang saya sajikan.

Selain memberikan masukkan, dia juga meminta saya untuk menceritakan kejadian pada beberapa tahun lalu. Peristiwa yang dimaksud adalah saat penulis membantunya untuk menanam pohon yang berasal dari Progra Berbagi atau yang lebih dikenal dengan nama Corporate Social Responsibility

Saya bukannya tidak ingat dengan kejadian ketika mengotori tangan dan berlelah lelah untuk menanam pohon, namun saat pulang dari rumah sahabat, saya bertemu dengan salah satu guru di pesantren yang sangat saya kagumi ata keikhlasan dan ketulusannya. 

Beliau selalu menekankan supaya kita jangan pernah mengingat ingat kebaikan yang sudah dilakukan, biarkan Tuhan yang akan mencatat tiap pengorbanan yang sudah terjadi.

Tanpa bermaksud mengurangi rasa hormat terhadap pesan mulia yang sudah beliau sampaikan, saya tetap memandang penting untuk mengulas sekilas jasa mulia melalui program CSR dalam Program Gerakan Menanam Pohon di berbagai daerah.

Manfaat Nyata Gerakan Menanam Pohon pepaya
Gerakan Menanam Pohon Pepaya

Mengapa Gerakan Menanam Pohon yang didukung harus direspon positif? Sebagaimana kita ketahui Indonesia merupakan salah satu paru paru utama dunia. Indonesia memainkan peran strategis sebagai negara yang ditakdirkan untuk menjadi penyuplai oksigen bagi negara negara tetangga. 

Berbagai jenis pohon bisa tumbuh subur di bumi nusantara sampai sampai salah satu kelompok musik legendaris "Koes Plus" menggambarkan tongkat dan kayu yang dibiarkan pun bisa menjadi tanaman. Hal itu bukanlah sekedar kalimat kiasan, namun sangat sesuai dengan potensi kekayaan alam yang dimiliki negeri ini. 

Tetapi apakah kekayaan dan kelestarian alam akan tetap terjaga secara otomatis, apakah semua keunggulan alam nusantara masih seperti dulu ataukah sudah mengalami perubahan hingga suhu udara di bumi pertiwi tak sejuk lagi? 

Ternyata keunggulan Indonesia sebagai salah satu sumber oksigen dunia mulai melemah. Hutan hutan yang dulu selalu dibangga banggakan satu persatu mulai ditelan oleh ambisi dan nafsu hingga pelan tapi pasti jumlah pohon pun terus berkurang. 

Banyak pohon ditebang secara liar, dicuri dan diperdagangkan secara ilegal melalui organisasi yang rapi dan modern. Atau hutan diubah menjadi area pemukiman penduduk tanpa mempertimbangkan dampak buruk yang ditimbulkan di masa depan. 

Bukan hanya itu, dalam level yang lebih kecil, sebagian orang pun tak peduli dengan kerusakan alam yang terus terjadi di lingkungannya. Mereka baru menyadari betapa pentingnya keseimbangan dan kelestarian alam ketika suhu udara terasa jadi lebih panas, terjadi musibah tanah longsor, banjir dan bencana alam lainnya. 

Sekali lagi penulis ingin bertanya, "Mengapa Gerakan Menanam Pohon pepaya harus direspon positif?" Tidak lain adalah agar kita pun menyadari bahwa tanggung jawab menjaga kelestarian alam sejatinya tidak bisa diserahkan kepada sekelompok orang atau pada petugas kebersihan.

Mungkin bukan hanya satu pihat yang membuat Program Gerakan Menanam Pohon , tetapi gerakan adalah salah bukti yang menunjukkan kepedulian tinggi pada kelestarian alam Indonesia, sekaligus mengingatkan kita semua agar terjun langsung melalui teladan mulia ini. 

Jika diurai dalam tulisan yang lebih panjang , tentunya pengalaman menanam pohon pepaya tak akan selesai dalam 4 tau 6 jam.Namun  segala penjelasan tak akan pernah berarti ketika semua itu tak pernah diikuti oleh tindakan nyata. 

Satu pesan penting yang saya tangkap dari Gerakan Menanam Pohon pepaya Bersama adalah agar kita menyadari bahwa alam tak pernah bisa dibiarkan sendiri, namun harus terus dijaga kelestariannya. Langkah konkret untuk memulainya tidak harus menunggu sampai kita mampu membeli lahan untuk dijadikan hutan lindung. 

Tetapi kita bisa memulai dari tindakan terkecil dengan menanam pohon di dekat rumah dan menanamkan kesadaran setulus tulusnya bahwa kelestarian alam adalah sumber kebahagiaan bagi kehidupan umat manusia dimasa kini dan selamanya. Terima kasih

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *