7 Ide Membangun Backlink Dari Situs Berkualitas

Sahabat www.gagal.id yang baik... rasanya ada kegembiraan baru karena pagi ini bisa kembali membagikan sedikit pengetahuan yang penulis miliki. Pada kesempatan kali ini saya ingin menyoroti metode dan strategi yang biasanya dilakukan oleh para pemilik situs/blog dalam membangun backlink yang efektif. 

Dari pengalaman pribadi setidaknya ada 7 cara yang cukup efektif untuk membangun tautan bermutu dari situs situs yang punya otoritas tinggi di mata pencari. Secara garis besarnya penulis rincikan menjadi tujuh jenis kegiatan berikut : 

Pertama, Membangun blog dummy dengan konten yang jelas arahnya. Ada hal penting yang sangat perlu untuk digarisbawahi terkait dengan blog dummy yang kita miliki. Blog dummy kebanyakan hanya dijadikan sebagai sumber backlink tetapi sungguh sangat disayangkan jika beberapa blog dummy yang telah kita miliki tak pernah diurus.

Memang cukup menyita waktu kalau harus mengelola blog dummy hingga puluhan, ratusan atau ribuan, tetapi jika kita mau melakukan analusa secara detail maka sejatinya backlink yang akan awet itu yang berasal dari blog blog kita yang lain. 

Blog dummy tak cukup hanya dibuat lalu diisi dengan satu atau dua tulisan, namun jika kita memang serius ingin terus eksis di dunia maya maka rasanya tak ada piliha lain selain harus mengelola blog dummy dengan lebih keras lagi. Pada jangka pendek blog dummy bisa saja tidak terlalu memberi efek, tetapi seiring dengan waktu yang berjalan maka anda akan tahu manfaat dahsyat dari blog dummi yang termanage dengan baik. 

Kedua, Komentar di blog orang lain. Ada banyak tujuan dari orang orang yang memberikan komentar, salah satunya adalah untuk menari tambahan backlink. Semakin banyak komentar yang berhasil dibuat maka akan makin besar pula jumlah backlink yang bisa diperoleh. 

Namun kita jangan pernah lupa bahwa pemilik situs yang dikomentari bisa menghapus link yang telah ditancapkan, dan itu hak mereka selalu pemilik situs, komentator tentu tak punya hak untuk memaksa atau merengek agar linknya tidak dihapus. 

Bagi saya bogwalking atau jalan jalan ke situs orang lain punya satu tujuan yang pasti yaitu ingin belajar dari mereka, tak peduli yunior atau senior situs yang saya kunjungi, karena saya percaya pasti ada hal lain yang berbeda dengan isi blog saya. Kalaupun tak berkomentar maka minimal saya menyempatkan diri untuk membaca 3 artikel yang tersaji di blog yang saya kunjungi. 

Para ahli menyarankan agar kita jangan terlalu fokus untuk membuat backlink melalui komentar, tak peduli apakah itu blog dofollow atau nofollow, sebab link yang telah ditanam sewaktu waktu bisa dihapus. Kalaupun ingin membangun backlink lewat komentar maka upayakan menciptakan komentar yang menarik, murni dari dalam hati saat menanggapi ulasan yang dikupas oleh pemilik blog. 

Pujian atau sanjungan tak akan menjamin link link yang kita tanam tetap bertahan lama, namun kedekatan kita secara emosional dengan pemilik blog itu yang akan membuat link jadi awet.Komentar dengan menjunjung tinggi rasa saling menghargai akan mendatangkan penghargaan yang tak jauh beda kepada kita. Khusus untuk rekan rekan pembaca yang berkomentar dengan link aktif di blog ini maka insya Alloh tak akan saya hapus, karena saya memahami bahwa sahabat telah berusaha dan saya yakin bisa kecewa ketika komentar telah ditiadakan. 

Ketiga, Membangun backlink dengan guest blogging. Kekuatan guest blogging bisa memberikan link yang sangat berkualitas jika blog tersebut terkait dengan isi blog kita. Ada banyak pemilik blog yang menerima tulisan dari blogger lain, biasanya mereka akan memberikan imbalan berupa link dengan rel dofollow. Selain itu guest blogging bisa menciptakan ikatan yang lebih kuat antara satu blogger dengan blogger lainnya. 

Jika anda menemukan blog blog yang menerima pola guest blogging maka jangan lupa untuk segera menghubungi pemiliknya, karena itu adalah kesempatan emas untuk mencptakan backlink satu arah yang berkualitas. 

Jangan pernah mempermalukan diri dengan mengirimi mereka artikel hasil copy paste, sebab biasanya pemilik akan memeriksa dengan teliti artikel yang kita kirimkan. Jika memang anda mendapat kesempatan untuk menjadi blogger tamu maka buatlah artikel semenrik mungkin agar atau pelajari gaya menulis sang pemilik blognya. 

Keempat, Submit blog yang kita miliki ke directory dofollow. Saya menyarankan agar anda mensubmit blog ke directory setelah memiliki jumlah konten yang memadai, jika cukup sabar maka lakukan setelah blog berumur di atas satu bulan.Lho memangnya kalau baru gak bisa? 

Bisa saja, bahkan satu jam setelah blog lahir juga bisa langsung disubmit, cuma ada beberapa directory yang memberi syarat atas usia artikel. Di internet ada banyak directory yang cukup terkenal seperti zimbio,topblogarea,blogtoplist,blogtopsites, dan lain sebagainya. Mereka memberikan imbalan berupa link dengan rel dofollow dimana link seperti ini akan sangat dibutuhkan untuk memperkuat posisi dalam hasil pencarian google dan bing. 

Kelima, Membangun backlink dari social media. Link yang berasal dari facebook umumnya nofollow, link yang anda tempatkan pada bagian profil facebook juga nofollow, tetapi anda bisa mengubah strategi agar bisa mendapatkan backlink berkualitas dari facebook. 

Caranya : upayakan link link yang anda bagikan bisa tampildalam timeline, karena link link yang ada bagian ini sifatnya dofollow. Bagaimana dengan twitter, adakah kesempatan untuk mendapatkan backlink dofollow darinnya? 

Setahu saya tidak, semua link yang ada disana nofollow, tetapi tetap pakai twitter untuk menjaring traffik dari orang orang yang mengikuti anda.Situs lain yang bisa memberi potensi link berkualitas adalah tumblr dan pinterest, ada baiknya anda gunakan dua layanan ini, tetapi tetap patuhi aturan yang mereka miliki. 

Keenam, Tukar link dengan web yang lebih tinggi otoritasnya. Anda bisa tukar link untuk membangun backlink dengan situs situs yang berpagerank tinggi, sayangnya tidak semudah yang dibayangkan, orang yang diajak tukeran link akan menilai berapa nilai pagerank blog anda, berapa rank alexanya dan faktor faktor lain yang tak bisa dirinci satu persatu. 

Membangun backlink dengan tukar link rawan dengan tipuan, karena tak jarang link anda dihapus tanpa pemberitahuan terlebih dahulu sementara anda masih memasang link dari blog rekan. Maka bagi anda yang rajin membangun link dengan pola seperti ini ada baiknya tetap jeli dan pantau link anda apakah maih dipasang atau dipindahkan ke halaman lain yang kurang sebanding. 

Ketujuh, Membangun backlink dengan mengisi buku tamu. Tidak semua buku tamu mengijinkan penempatan link aktif, kalau niat anda mengisi buku tamu untuk menanamkan backlink maka jangan membuang waktu dengan situs situs yang tak mengijinkan penyematan link. 

Kelemahan dari cara yang ketujuh ini adalah bahwa terkadang buku tamu diubah platformnya sehingga link yang dulunya aktif kini sudah mirip kayak tengkorak. Membangun backlink dengan posting pada buku tamu hanya efektif untuk jangka pendek, kalau sampai link anda kok bertahan hingga tahunan disana maka itu hanya karena sang pemilik belum tahu atau bekum sempat ngecek situsnya, mungkin situs sudah gak pernah diurus hingga akhirnya expire dan diparkir ke situs lain . 

Itulah tujuh cara yang cukup efektif (tapi dalam tanda kutip) ketika kita hendak membangun backlink. Dengan membandingkan beberapa metode yang telah terurai di atas maka penulis lebih menyarankan untuk membangun blog blog dummi agar lebih mudah untuk dikendalikan dan backlink bisa diatur sesuai kebutuhan kita dimasa yang akan datang. Selamat berkarya dan membangun backlink yang berkualitas kawan.... Komentar, tambahan, dan saran jangan sungkan untuk disampaikan sekarang. Terima kasih

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *