19 Pelajaran penting dari orang orang gagal

Sebagian besar orang tampak alergi ketika mendapati teman,saudara atau orang lain mengalami kegagalan pada bidang yang ditekuninya.Sebab kita sudah terlanjur diimpi impikan, digadang gadang dan diharapkan menjadi orang sukses dan berhasil. Hanya ada sedikit orang yang bisa menghargai orang gagal , hanya ada segelintir manusia yang masih mau memandang orang orang yang menderita kegagalan

Lalu apakah akan menarik ketika kita mau meluangkan waktu untuk mengetahui mengapa orang bisa gagal dan mengapa yang lain bisa mencapai kesuksesan luar biasa hingga namanya berkibar di dunia, dipuja puja dan dijadikan acuan bagi jutaan insan di jagad ini? Angka sembilan belas ini saya pilih untuk mengungkap fakta yang bisa menjadi pelajaran bagi kita atas kegagalan seseorang . Inilah 19 angka ajaib yang mengandung pelajaran penting atas kegagalan seorang manusia :

1. Sejatinya 'orang sukses' sudah pernah merasakan pahitnya kegagalan. Bukan hanya satu atau dua kali, namun kegagalan yang mereka terima bisa puluhan hingga ribuan kali. Hingga detik ini belum pernah ditemukan pionir sukses yang mempunyai perjalanan mulus dalam hidupnya, namun yang terjadi mereka sudah gagal berkali kali sebelum sukses menghampiri.

2. Harga kegagalan selalu berbanding lurus dengan mahalnya  nilai kesuksesan. Gagal.id pun sangat terkesan dengan jawaban salah satu pimpinan IBM ketika mendapati salah satu manajernya melakukan kesalahan hingga merugikan kontrak perusahaan jutaan dollar. 

Keesokan harinya manajer ini dipanggil untuk menghadap salah satu pimpinan utama IBM. Sebelum ditanya, manajer itu langsung menyatakan 'siap mengundurkan diri atas kegagalan strategi yang merugikan perusahaan' . Manajer ini begitu yakin bahwa perusahaan akan langsung mendepak dan memindahkan posisinya ke bagian yang lebih rendah.

Namun jawaban pemimpin IBM itu begitu bijak dan benar benar diluar dugaan. Ia berkata, "kami baru saja mendidik anda dengan nilai jutaan dollar. Jadikan peristiwa ini sebagai pelajaran dan lanjutkan kerjamu lebih keras dengan semua kemampuan yang belum anda gunakan"

Luar biasa...manajer ini pun menangis dengan satu tekad total akan membayar semua kegagalan dan kesalahan yang sudah dilakukan. Ia segera bekerja lebih keras dibandingkan sebelumnya hingga ia pun mampu membuktikan prestasinya tidak lama setelah kegagalan besar menimpanya. Bahkan ia yakin sudah bekerja pada perusahaan yang tepat, yang bisa menghargai kegagalan dan memberinya kesempatan untuk mengembangkan diri.

3. Orang orang gagal melakukan pekerjaan lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang pernah mengalami 'kegagalan sementara'. Upaya yang sedikit tidak akan mengungkap semua kemampuan yang masih terpendam dalam diri, upaya yang minimal tak bisa dijadikan sebagai ukuran kekuatan sebenarnya yang masih tersimpan dalam diri manusia. 

Sementara 'orang sukses' adalah mereka yang tak pernah lelah dalam mencoba, mereka melakukan lebih banyak dan lebih baik dibanding siapapun, tak pernah mau berkompromi dengan kegagalan yang terjadi pada upaya upaya sebelumnya. 

4. Orang sukses digerakkan oleh keinginan yang demikian kuat dan tujuan yang jelas. Satu fakta yang menarik adalah 98 % orang tidak mengetahui keinginan terkuatnya hingga langkahnya pun terus mengalami perubahan. Akibatnya sebagian dari kita terjebak melakukan hal hal yang tidak penting dan setelah beberapa tahun kita bertanya mengapa semua jadi seperti ini? 

- Apakah anda sudah mengetahui dengan jelas 'apa sebenarnya keinginan terkuat yang anda miliki saat ini, jika belum mengapa tidak segera anda tinjau detik ini juga? 

-  Apakah anda menyadari bahwa 'tak adanya keinginan terkuat yang ingin anda capai' membuat anda tak pernah kemana mana meski anda sudah merasa banyak berbuat? Apakah anda merasa lari ditempat, terus bergerak, namun anda masih saja berdiam pada kegagalan tanpa perubahan penting dalam hidup anda?

-  Jika kini sudah menyadari keinginan terbesar dan terkuat yang ingin anda raih , apakah anda sudah tahu harus kemana? Jika belum maka 'tetapkan tujuan pasti kemana anda harus melangkah', kemana anda harus pergi dan kerahkan semua yang anda miliki agar anda sukses pada tujuan. 

-  Orang biasanya tersesat dan tak pernah sampai alamat yang dituju ketika mereka tak tahu harus kemana. Meskipun dengan adanya tujuan anda bisa saja salah alamat, namun anda akan menemukan penolong yang bisa menunjukkan jalan ke alamat tujuan. Penolong terbaik yang sangat pantas anda andalkan adalah Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa Pemberi Petunjuk pada semua manusia.

5.  Lemahnya keyakinan membuat sebagian manusia memilih pasrah ditengah tengah kegagalannya. Gagal.id berusaha menganalisis orang orang yang sudah lebih dulu lulus dari berbagai jenis kegagalan dalam hidupnya. Mereka sukses karena adanya keyakinan kuat di atas keinginan yang menyala nyala untuk mewujudkan tujuannya. 

Keyakinan yang kita miliki tidak selalu bersumber pada ajaran agama, meski harus diakui bahwa orang orang sukses adalah mereka yang menanamkan keyakinan terbesar pada kekuasaan Alloh SWT di atas yang lain. 

Tuhan, menjadi sandaran terpenting untuk tiap upaya keras yang dilakukan. Mereka yakin bahwa Tuhan tak pernah salah dalam menciptakan dirinya dan semua makhluk yang ada di bumi. Mereka 'yakin' bahwa dia juga punya hak yang sama untuk sukses, kaya dan bahagia.

6.  Malas dalam belajar membuat sebagian besar orang mengalami kegagalan yang menyakitkan. Kata 'belajar' terkadang hanya mengingatkan seorang manusia pada materi materi pelajaran di sekolah atau perguruan tinggi. Padahal bukan rahasia lagi materi sekolah yang pernah habis habisan dipelajari banyak berlawanan dengan realitas kehidupan. 

Saat kita masih kecil dipaksa untuk menguasai berbagai jenis materi hingga kita tak pernah tahu materi pelajaran apakah yang paling berguna dalam hidup ini? Pintar dalam suatu materi pelajaran bukan jaminan bagi seorang manusia untuk otomatis melenggang ke puncak kesuksesan hidup. Para pakar kesuksesan yang sudah mengalami pahit getirnya kegagalan memberitahukan bahwa materi pelajaran terbaik masih banyak yang tersimpan dan tertidur di dalam diri anda sendiri.

7.  Tak adanya ijazah, tak adanya koneksi dan kepandaian kadang dijadikan sebagai alasan untuk menyerah pada kegagalan pertama. Gagal.id jadi teringat dengan seorang yang berjuang sendirian dalam mewujudkan mimpinya, ia tidak sempat menuntaskan studinya di sekolah dasar karena kemiskinannya. Ia pun tak punya koneksi orang hebat , namun kini namanya sudah sangat kesohor atas perjuangan kerasnya dalam menciptakan mobil. Dialah Henry Ford, yang sukses mencatatkan namanya pada daftar orang orang paling sukses di dunia. 

8.  Mempersulit diri dengan banyak alasan menciptakan ruang gerak terbatas yang membuahkan kegagalan sejati. Tanpa disadari saat kemalangan itu datang, sebagian manusia berusaha keras menjelaskan dengan alasan alasan yang masuk akal untuk menutupi lemahnya upaya yang sudah dilakukan. Orang yang sulit bangkit dari kegagalannya biasanya karena sudah bisa menerima semua kejadian meski jauh dalam hatinya ia merasa telah membohongi orang lain dengan alasan alasan meyakinkan. 

9.  Memanjakan diri sendiri ditengah kerasnya kehidupan seperti orang yang sedang mengubur dirinya. Tak ada yang mengakui jika kehidupan ini lembut kepada pribadi pribadi yang manja, satu kenyataan yang harus disadari bersama adalah bahwa hidup menuntut siapa saja untuk lebih keras dalam menghadapinya. Sekali sikap manja itu merasuk dan dibiarkan tumbuh secara abadi maka kita seperti sedang membuat galian untuk mengubur diri sendiri.

10. Ketergesa gesaan dan ketidaksabaran menjadi racun yang sangat mematikan. Dua sikap ini sangat membunuh dan membelokkan tujuan utama yang ingin anda capai. Berapa banyak orang akhirnya menjadi koruptor hanya karena ingin cepat kaya tanpa memperdulikan hak hak orang lain. 

Atau sebagian lagi menjalankan bisnis yang menipu dan merugikan sesama hanya karena tidak sabar dalam mencapai keinginannya. Orang sukses punya satu sikap yang sama, mereka tahan menderita, tahan dengan kegagalan dan tak pernah malu mengakui semua kegagalan hidup yang menimpanya. 

11.  Menunggu datangnya peluang membuat orang bertahan lebih lama dalam kegagalan. Orang sukses biasanya lebih banyak menciptakan peluang ketika semua kesempatan seperti tertutup dimata orang lain.Mereka tidak pernah mau menunggu pada ketidakpastian dan mengubah tiap tantangan jadi peluang baru yang tak pernah dianggap penting oleh orang lain.

12.  Orang yang bisa bangkit dari kegagalan biasanya adalah mereka yang sudah menciptakan kebaikan kebaikan dan hal hal berguna bagi umat manusia. Saat perjuangan keras dimulai, 'orang orang yang pernah gagal sementara' itu tak menjadikan uang sebagai satu satunya tujuan, namun mereka yakin pada satu hal "melakukan tindakan yang dapat dijadikan sebagai pembeda dan memberi manfaat pada sesama". 

13.  Orang sukses berusaha keras menciptakan apa yang kemudian disebut orang sebagai keunggulan, dimana keunggulan itu sudah diimpikan oleh banyak orang selama bertahun tahun. Ia mungkin saja bukan orang pertama yang mempunyai ide untuk mewujudkan keunggulan, namun ia tetap melangkah ketika orang berhenti, ia tetap terbangun saat orang lain lebih memilih untuk tidur dan terbuai oleh mimpi mimpi indahnya. 

14.  Orang gagal sangat takut dengan yang namanya ketekunan. Baginya ketekunan adalah hal yang menyengsarakan, menyusahkan dan sangat tidak menyenangkan untuk dijalani. Sebaliknya orang yang berhasil memahami dengan jelas bahwa ketekunan memang sesuatu yang sangat pahit, namun mereka tak punya pilihan lain selain harus menelannya hingga tak tersisa. Karena mereka yakin setelah makanan pahit itu habis ditelan maka tak ada lagi yang akan dimakan selain manisnya kesuksesan. 

15.  Bukan berapa lama mereka sampai pada tujuan, namun bagaimana melakukannya dengan penuh prestasi yang diyakini oleh mantan mantan pribadi gagal. Sungguh terhormat menjadi mantan orang gagal dengan segala latar belakang yang menyertainya. Mereka menikmati tiap proses dengan torehan prestasi, mereka bangga dan bahagia bisa bangkit dari tiap keterpurukan yang menjadi penghalang langkahnya hingga akhirnya waktu menjadi saksi kesuksesan terbesar yang berhasil dicapainya.

16.  Orang gagal karena cepat sekali memperlakukan sukses sementara dengan pesta kemenangan. Kondisi ini berbanding terbalik dengan mereka yang mampu mencapai kesuksesan spektakuler. Mereka tak pernah puas dengan pencapaian awal meski bagi orang lain sudah dianggap 'sukses'. Baginya sukses bukan tujuan, namun proses demi proses yang prestisiuslah yang lebih mereka hargai. 

17.  Daya pembeda orang gagal dengan pribadi sukses dapat ditinjau dari kerja kerasnya. Orang cenderung gagal dan tak mau bangkit karena mengerjakan hal hal dengan menyandarkan harapannya pada berbagai keinginan. Mereka enggan melakukan kerja lebih banyak dari biasanya karena percaya akan mendapatkan keuntungan secara ajaib, seperti orang yang berharap bisa memenangkan undian atau hadiah. 

18.  Orang gagal merasa lelah karena lebih banyak mengandalkan pikiran tanpa disertai usaha nyata. Sebagain dari kita menghabiskan waktu untuk membuat mimpi, merencanakan strategi yang hebat dan visi masa depan, tetapi disisi lain kita tak pernah beraksi. Kita tetap lelap dalam tidur dengan mimpi mimpi indah selama bertahun tahun waktu yang kita jalani. Orang sukses sudah pasti punya mimpi, tetapi mereka tak mau terlena dan rela menahan diri untuk tidak bermalas malasan di ranjang tidur kegagalan abadi. 

19.  Orang sukses percaya bahwa semua kesuksesan yang dicapai tak akan ada artinya jika semua itu tak membawa manfaat pada orang lain. Sementara orang gagal lebih banyak memikirkan kepentingan dirinya di atas yang lain. Baginya sukses harus dinikmati sendiri karena semua itu adalah hasil kerja kerasnya selama bertahun tahun. Sebagian dari mereka kemudian terjun bebas dan kembali hidup sebagai orang yang gagal. 

Gagal atau sukses memang selalu menjadi rahasia, namun sebagaimana dikatakan oleh salah satu milyarder dunia, "orang lebih tahan dalam kegagalan dibandingkan dengan kesuksesan, buktinya lebih banyak orang yang menerima kegagalan dibandingkan dengan mereka yang terus berjuang untuk mewujudkan mimpinya.

Demikian ulasan dari www.gagal.id, semoga tulisan ini benar benar berguna untuk siapa saja yang berkenan membaca, jangan pernah lupa ajak sahabat atau teman anda untuk berkunjung langsung ke www.gagal.id atau share tulisan ini ke facebook/twitter. Insya Alloh akan selalu saya update dengan tulisan tulisan berguna lainnya. Saya pun berdoa... seperti apapun diri anda saat ini, semoga anda akan meraih kesuksesan, kebahagiaan dan kejayaan yang lebih baik dibanding saat ini. Terima kasih atas kunjungan terhormat anda.

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *