10 cara terbaik meminta maaf pada orang lain

Bagaimana cara minta maaf yang tepat? Tiap orang biasanya punya gaya dan metode tersendiri dalam memohon maaf pada orang lain yang sudah terlanjur dikecewakan. Salah satu perayaan yang memungkinkan orang saling meminta dan memberi maaf adalah ketika lebaran idul fitri tiba. Lalu gimana cara terbaik agar permohonan maaf yang kita sampaikan tepat sasaran? Beberapa pakar kepribadian dan orang orang bijak memberikan 10 solusi ini:

1. Niat. Saat kita meminta maaf pada orang yang sudah dikecewakan atau kita terlanjur berbuat salah kepadanya maka tetapkan niat yang kuat bahwa kita bersungguh sungguh, nyata dan bukan sekedar basa basi agar hubungan membaik kembali setelah permintaan maaf diterima. 

2. Memilih waktu yang tepat. Permintaan maaf yang diajukan oleh seseorang kadang ditolak atau bahkan mendapatkan jawaban "selamanya tak akan kumaafkan kesalahanmu".  Pilihlah waktu yang tepat , misalnya meminta maaf saat orang yang disakiti sedang bahagia, saat lebaran tiba atau ketika yang bersangkutan sedang merayakan ulang tahun. 

3. Jangan menyerah dan teruslah meminta maaf. Jika kita tahu atau menduga bahwa orang yang kita tuju tak akan pernah memaafkan kesalahan kita maka tidak perlu berkecil hati. Tak perlu mengatakan "percuma saja aku minta maaf, toh gak akan dimaafkan juga" . Sebab kata kata itu bisa menjadi doa, sementara pada saat yang sama kita membutuhkan maaf yang tulus darinya.

4. Minta maaflah seperti orang yang mengetuk pintu. Saat anda belum dimaafkan dan anda tetap bertekad untuk mendapatkan maafnya maka sentuhlah hatinya. Ketuk terus pintu hatinya sampai ia memaafkan kesalahan anda. Ketuk pintunya dengan cara yang baik, jangan mengetuk pintu dengan cara yang salah, karena pintu yang diketuk dengan keras hanya akan menambah masalah baru.

5. Lakukan pendekatan yang berbeda beda. Ada baiknya kita lakukan pendekatan yang berbeda ketika permohonan maaf ditolak mentah mentah. Kita setidaknya harus mengevaluasi penyebab utama yang menjadi latar belakang penolakan tersebut. Lakukan perenungan yang mendalam dan segera catat ide ide berguna dalam secarik kertas untuk menuliskan beberapa pendekatan yang akan anda lakukan di waktu berikutnya. 

Jika 1 atau 7 pendekatan tidak cukup maka lakukan dengan 10,100 atau 1000 pendekatan yang lain.Sebab niat awal saat pertama kali anda meminta maaf adalah untuk mendapatkan kerelaan hatinya, jadi semua pendekatan itu adalah harga mati yang harus anda korbankan. 

6. Jangan meminta dengan sikap masa bodoh dan sambil lalu. Permohonan maaf yang setengah tengah atau dilakukan sambil lalu hanya akan merendahkan martabat anda. Begitu juga sikap masa bodoh, ya sudah kalau tidak dimaafin juga gak apa apa kok, gue gak akan minta maaf lagi sama lo. 

7. Penuhi syarat syarat yang diminta. Sebagian orang menetapkan syarat tertentu sebelum mereka memberikan kata maafnya. Anggaplah semua syarat itu sebagai ibadah, sebagai bentuk kesungguhan anda dan lakukan dengan kekuatan terbaik yang anda miliki. Namun jika syaratnya sudah melanggar keyakinan atau agama maka tak perlu dipenuhi, karena syarat yang keluar jalur hanya akan menambah kesalahan berat dalam hidup anda.

8. Gantilah semua kesalahan anda dengan kebaikan kebaikan. Anda bisa melakukan tindakan tindakan penting yang ditujukan untuknya. Anda bisa melakukan hal ini secara diam diam dan terus menerus secara tulus. Jika orang yang anda sakiti adalah yang kurang secara materi maka anda bisa membantu dalam bentuk bantuan keuangan. 

Jika anda khawatir orang yang anda bantu tak akan mau menerima karena itu berasal dari anda, maka  mintalah pada orang terdekatnya untuk menyampaikan bantuan dari anda. Katakan agar ia tak mengatakan jika hal itu andalah yang melakukan. 

9. Jika orang yang anda sakiti sudah tiada. Mungkin anda belum mendapatkan maaf hingga yang bersangkutan meninggal dunia dan tak mungkin untuk membangunkan agar hidup lagi. Ketika ini yang anda alami maka luangkan waktu untuk datang ke kuburnya, bersihkan tempat pemakamannya , lalu berdoalah kepada Alloh SWT untuk ketenangan dan kedamaian dirinya di alam kubur. 

Berjanjilah dengan penuh kesungguhan bahwa anda akan mengganti semua kesalahan dengan melakukan hal hal yang dipersembahkan secara khusus untuknya. Contoh : anda bisa menafkafkan sebagian kekayaan atau uang yang anda miliki, lalu berikan kepada  keluarganya atau saudara kandungnya secara diam diam untuk menjaga keikhlasan hati anda. 

Jika anda ragu dan khawatir mereka mengetahui, maka anda bisa menyumbangkan sebagian rizki ke panti yatim piatu, pondok pesantren dan badan amal yang bertujuan untuk mendanai kegiatan kegiatan yang bermanfaat. Tuliskan dan katakan bahwa shodakoh dan amal itu atas nama orang yang sudah anda sakiti. 

10. Pasrahkan semua upaya permohonan maaf anda kepada Alloh SWT. Ketika anda sudah mati matian meminta maaf namun belum mendapatkan jawaban yang anda inginkan maka pasrahkan semua urusan itu pada Alloh SWT. Siapa tahu itu adalah cara terbaik yang sedang mengajarkan anda untuk lebih berhati hati dalam hidup hingga anda jadi punya kepastian dalam menjalani kehidupan. 

Siapa tahu orang yang anda tuju sudah memaafkan anda, namun ia tak mau mengatakannya langsung karena tak ingin anda mengetahui jawaban atas permintaan maaf yang anda lakukan. Atau yang bersangkutan sudah memaafkan anda sebelum ia menghembuskan nafasnya yang terakhir. 

Satu pesan penting dari orang bijak :Meminta maaf selalu lebih mudah, namun tidak semua orang gampang memaafkan. Jika kita tak ingin terhina karena terus menerus meminta maaf maka jangan pernah sekalipun berbuat kesalahan yang menyulitkan orang lain hingga mereka enggan memaafkan.  www.gagal.id

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *