Hal hal yang membatalkan puasa

Apa saja yang bisa membatalkan ibadah puasa? Seperti yang pernah diajarkan oleh para kyai dan ustadz, ada beberapa hal yang dapat membatalkan puasa seseorang. 

www.gagal.id menyampaikan informasi ini bukan dalam rangka ceramah, namun hanya berbagi dan pengingat untuk sahabat sahabat yang menjalankannya. Inilah hal hal yang termasuk penyebab batalnya puasa seorang muslim :


Pertama, menyengajakan untuk makan sesuatu. Meskipun hanya mencicipi kalau hal itu dilakukan secara sengaja sebelum tiba waktu berbuka maka puasanya jadi batal.Berbeda urusannya ketika seseorang lupa memakan atau malah makan satu piring , maka para ulama menjelaskan puasanya tidak batal dan tetap sah.

Kedua, sengaja minum walau itu setetes. Ibadah puasa memang mengajarkan kehati hatian, saat kita mandi, wudlu atau lainnya maka harus benar benar cermat supaya tak ada air yang terminum. Bagaimana kalau lupa? Sama seperti di atas, jika anda lupa ngopi hingga satu gelas maka ulama menyatakan puasa seorang hamba tidak batal. Lain cerita jika minum kopinya sampai bergelas gelas, mumpung lupa maka dilanjutkan maka itu sudah termasuk bagian dari sengaja minum. 

Ketiga, melakukan hubungan badan. Hubungan badan saat anda sedang menjalankan puasa ramadhan bukan hanya membatalkan, namun seorang hamba harus membayar kifarat berupa puasa 2 bulan berturut turut atau memberi makan pada 60 budak dalam jangka tertentu. Meski wanita itu adalah istrinya atau hubungan dilakukan dengan pria yang menjadi suaminya maka hal itu tetap membatalkan puasa. Para ulama menasehati agar sepasang suami istri bisa menjaga dan menahan diri untuk dekat dekat dengan istri.

Keempat,keluar air mani karena melakukan hal hal yang memicunya. Ini seperti orang yang sengaja melakukan perbutan yang mendorongnya dan merangsang nafsunya hingga tanpa terasa air mani keluar. Bagaimana dengan orang yang tidur siang lalu mimpi hubungan badan hingga keluar air mani? Kejadian itu tentu bukan karena kesengajaan dan salah satu bentuk pengecualian sehingga tidak membatalkan puasa ramadhan.

Kelima, sengaja memasukkan segala sesuatu ke lubang yang ada pada tubuh manusia. Tindakan ini bisa membatalkan puasa, terlepas dengan alasan yang mendasarinya. Khusus ketika ada hal yang membahayakan, misalnya hewan kecil masuk ke suatu lubang maka penyelamatan diri tetap diutamakan dan dibolehkan. 

Cuma ada baiknya anda melakukan konsultasi langsung dengan Pak Kyai atau Pak Ustadz agar lebih kredible. Kebetulan dulu saya hanya sebentar belajar di pesantren , jadi hanya menyampaikan apa yang pernah diajarkan dengan mendasarkan semuanya pada Qur'an, Hadits Nabi, Ijma Ulama/Qiyas para ulama. 

Saya menyarankan agar anda lebih mengandalkan informasi hal yang membatalkan puasa berdasarkan mau'ngidoh dari para ulama dan orang orang yang lebih ahli. Luangkan waktu untuk bersilaturahmi dengan mereka , karena ulama adalah hamba terpilih yang telah diakui sebagai pewaris nabi. Mari muliakan ulama yang ikhlas hatinya, karena mereka berjuang bukan karena uang, namun atas dasar rasa takut kepada Alloh SWT. 

Sebagai penutup atas penjelasan singkat ini , ijinkan www.gagal.id menyampaikan selamat menjalankan ibadah puasa, selamat mendekatkan diri kepada Alloh SWT dengan sepenuh kerendahan hati. 

Selamat membakar dosa dengan penuh penyesalan, karena ramadhan adalah bulan penuh ampunan agar kita hanya berharap dan meminta pertolongan belas kasihNya yang Maha Suci. Semoga ibadah kita diterima oleh Alloh Swt dan mendapatkan balasan terbaik di dunia dan akhirat. Amiin.

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *