Pengaruh Share Facebook Twitter Pada SEO

Adakah dampak peningkatan rangking ketika artikel yang anda tulis dibagikan oleh banyak orang di facebook, twitter atau lainnnya? Untuk menjawab hal ini maka tak bisa dilakukan secara asal asalan, namun apa yang admin berikan berikut ini lebih karena hasil penelitian salah satu pakar di bidang seo dari negeri para bule.

Ahli yang sudah malang melntang di ranah optimasi bertaraf internasional itu memiliki pertanyaan bagus yang juga pantas dijawab oleh kita semua "apakah benar banyak share pada jejaring social akan memberi dampak pada peningkatan rangking di hasil pencarian ? Untuk menjawab pertanyaan ini dia melakukan eksperimen dengan dua buah situs yang punya kualitas setara.

Situs pertama dirancang dengan konten yang sama namun dalam redaksi bahasa yang berbeda. Ia pun melakukan optmasi dari sisi onpage dan offpage.Pada situs pertama ini ia sengaja memasukkan beberapa tombol berbagi, utamanya facebok dan twitter. Ia pun berusaha memancing orang untuk membagikan tulisan tulisan yang ada di dalamnya, terbukti beberapa artikelnya mampu dibagikan oleh puluhan pengunjung.

Pada website yang kedua , ia pun melakukan hal yang sama, namun bedanya pada situs kedua tak ada tombol berbagi. Hal itu memang disengaja agar lebih mudah diketahui bagaimana tingkat pengaruh yang ditimbulkan di hasil pemeringkatan mesin pencari. Dalam hal ini ia hanya akan mengukur pola perangkingan yang diterapkan oleh google. Sementara untuk yahoo/bing diabaikan , karena ia tahu pengguna lebih menomorsatukan google dibandingkan bing.

Kedua situs itu terus dikelola dengan upaya yang sama dalam beberapa bulan. Tak terasa 3 bulan pun sudah berjalan, ia mulai menganalisis hasil yang ditimbulkan. Ia cukup terkejut karena banyaknya share pada situs pertama tidak begitu berdampak pada peningkatan rangking, sementara situs yang kedua mampu bertengger dengan kuat pada kata kunci yang ditargetkan.

Namun ahli yang bijak itu tak segera mengambil kesimpulan, ia menunggu lagi pada bulan bulan berikutnya. Lagi lagi ia dikejutkan dengan hasil pemeringkatan yang ada. Situs kedua kian menguat, sementara situs pertama cenderung tidak stabil dan posisinya berada jauh di bawah. Lalu dengan bahasanya yang ringan pakar tersebut menarik 3 kesimpulan penting berikut ini :

Pertama, Share konten ke situs jejaring sosial tidak akan selalu memberi pengaruh pada peningkatan rangking dan otoritas situs di mata mesin pencari. Namun hal itu lebih kepada urusan marketing atau membangun kedekatan dengan calon pelanggan. Kalau kita membangun backlink atau memimpikan link dari situs jejaring sosial maka itu akan sangat lemah, sebab tautan yang diberikan sifatnya nofollow.

Kedua, backlink dan link building yang baik masih dibutuhkan. Tautan yang berasal dari situs eksternal tetap akan memberi pengaruh , dampak yang ditimbulkan jauh lebih besar dibandingkan dengan share yke situs situs pesaing google. Kita tahu facebok dan twitter adalah kompetitor utama yang terus merancang strategi dalam mengalahkan dominasi google di jagad maya.

Ketiga, situs yang tidak pernah dibagikan oleh orang lain ke jejaring social pun bisa meraih posisi dominan di serp. Coba anda perhatikan apakah google memasang facebook atau twitter di situs utama mereka, atau sebaliknya apakah twitter dan facebook memasang tombol itu di halaman utama mereka? Jika pun ada maka itu akan diletakkan pada situs lain  yang jadi miliknya atau bukan situs utamanya.

Bila anda mau menganalisis hal tersebut maka pada hakekatnya ada benarnya, ketika anda memasang tombol twitter atau facebook maka secara tidak langsung mereka juga diuntungkan dan mendapatkan tambahkan backlink secara cuma cuma. Bahkan sebagian lupa tidak menetapkan rel nofollow , sementara link yang anda peroleh hanyalah tautan nofollow yang tidak terlalu menguntungkan untuk peningkatan kualitas backlink anda. Terima kasih

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *