Mengenal IANA Pada Domain Registrar

Saat anda mencari data mengenai siapa pemilik nama domain tertentu maka kemungkinan pernah menemukan kata IANA. Atau bagi yang sudah lama terjun di bisnis hosting dan domain tampaknya sudah tak asing lagi dengan nama IANA. Tetapi khusus untuk anda yang penasaran maka IANA bisa jadi masih asing atau bahkan terdengar aneh.

IANA bukanlah nama yang baru di internet, ia merupakan bagian tak terpisahkan dan membawa pengaruh besar di era digital sebagaimana yang kita rasakan saat ini. 4 abjad yang melekat pada nama IANA tidak lain merupakan singkatan dari Internet Assigned Numbers Authority.

IANA adalah organisasi khusus yang mendapatkan aliran dana dari pemerintah Amerika Serikat dengan tugas utama untuk mengurusi masalah penetapan protol internet seperti persoalan ruang alamat IP dan Sistem Penamaan Domain di dunia.

Posisi IANA sangat strategis dan memegang peran yang tidak kecil, karena ia punya kekuasaan penuh untuk menunjuk atau menolak organisasi lainnya dalam memberikan blok IP kepada pelanggan atau pada saat proses pendaftaran nama domain.

Tidak hanya itu, IANA pun memegang otoritas penuh dalam mengatur root DNS yang akan dipakai sebagai untuk mengendalikan basis data pada pusat informasi DNS beserta penetapan alamat IP untuk semua sistem otonom di dalam jaringan internet

Dengan kata lain , IANA adalah pengendali kebijakan utama terhadap pengaturan IP dan sistem penamaan domain yang ada di seluruh negara. Untuk memudahkan tugas yang diemban, IANA telah menunjuk lima badan lain yang beroperasi secara regional sebagaimana terinci berikut ini :

1. AfriNIC, singkatan dari African Network Information Centre, merupakan organisasi yang ditunjuk untuk menjalankan tanggung jawab IANA di wilayah Afrika. Memiliki fungsi yang hampir sama dengan kewenangan IANA.

2. APNIC, organisasi yang jadi kepanjangan tangan IANA, mengatur dan mengendalikan tanggung jawab di wilayah Asia dan asutralia, Semua negara yang berada pada kawasan ini akan tunduk dengan kebijakan yang dimiliki oleh APNIC (Asian Pacific Network Centre).

3. ARIN ( American Registry For Internet Numbers), ditugaskan oleh IANA untuk beroperasi secara bertanggung jawab di wilayah Amerika Utara, Amerika Selatan,dan Afrika bagian selatan (sub-sahara)

4. LACNIC (Latin and Caribbean Internet Address registry), ditunjuk oleh IANA untuk menangani wilayah di Amerika latin dan wilayah di daerah Karibia.

5. RIPE (Reeseaux IP Europpens ), sesuai dengan namanya maka organisasi ini ditunjuk oleh IANA agar menjalankan tanggung jawab di wilayah eropa plus sebagain area di afrika utara (sebagian sahara yang lain).

Tugas , otoritas dan tanggung jawab yang dimiliki oleh IANA di masing masing wilayah pastinya beda dalam hal strategi, tetapi mereka menjalankan fungsi yang sama sebagaimana yang jadi tanggung jawab organisasi bernama IANA.

Kini peran pada IANA sudah dilimpahkan pada ICANN, silahkan anda baca lebih detail mengenai siapa dan bagaimana ICANN itu dengan langsung mengeklik link ini pengertian ICANN dan tanggung jawabnya terhadap dunia

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk membaca, jangan lupa rekomendasikan pembaca yang ada disitus anda dengan memberi tautan link ke artikel ini agar mereka bisa mengenal IANA dengan konten yang relevan . Terima kasih

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *