ICANN Itu Apa dan Siapa Sebenarnya

Jika anda tertarik untuk memiliki nama domain atau telah lama mempunyai domain pribadi maka ada baiknya untuk mengetahui hal hal penting yang berhubungan dengan domain anda.

Salah satu perkara pentinga yang pantas anda ketahui adalah mengenai ICANN, apa sebenarnya singkatan dari ICANN, untuk apa mengenalnya dan mengapa pemilik domain sebaiknya peduli dengan kebijakan yang dimiliki oleh ICANN.

ICANN merupakan singkatan dari Internet Corporation For Assigned Names And Numbers. Secara sederhana ICANN bisa dipahami sebagai organisasi yang mengatur dan mengawasi pada penamaan nama domain yang dipakai oleh pengguna di seluruh dunia.

Organisasi yang berhubungan langsung dengan internet ini didirikan pada tanggal 18 September 1998 dan baru berbadan hukum secara resmi pada tanggal 30 September di tahun yang sama. Jika dihitung maka pada tahun 2015 ini ICANN telah memasuki usia yang ke 17 tahun.

ICANN lahir bukan tanpa sebab, namun ia berdiri lebih independen dalam mengawasi proses penamaan domain di dunia, dimana tugas pengawasan itu sebelumnya dipegang langsung oleh pemerintah Amerika Serikat melalui beberapa nama organisasi seperti IANA (Internet Assigned Numbers Authority).

Sejak peralihan itu peran total sepenuhnya pada ICANN, mirip dengan peran yang kini dijalankan oleh PANDI di Indonesia, bahkan di tiap negara rata rata ada badan yang mengawasi penamaan domain agar lebih sesuai dengan kebutuhan lokal.

Hal yang membedakan ICANN dengan pengelola domain lokal adalah pada kewenangan yang dimiliki. ICANN sifatnya global dan semua pengelola lokal wajib menyetujui kebijakan dan semua ketentuan yang diterapkan oleh ICANN. Ibaratnya ICANN adalah presiden, sementara pengelola domain lokal adalah para menteri di bidangnya masing masing.

Dengan melihat pertumbuhan internet yang demikian pesat maka secara tidak langsung ICANN menghadapi berbagai tantangan, bisa tantangan keamanan untuk semua data domain atau persoalan lain yang akan terus bertambah dimasa yang akan datang.

Karena itu domain yang ada di internet bisa tak berfungsi ketika ICANN merubah berbagai kebijakan atau sistem yang dijalankan mengalami kerusakan akibat disalahgunakan oleh hacker yang berhasil menembus keamanan data penting ICANN.

Tentunya badan yang dibentuk di Marina Del Rey,California ini bukan organisasi kemarin sore yang menjalankan aktivitas secara musiman, ICANN pasti memiliki sumber daya manusia yang memang ahli dan siap bekerja untuk melakukan fungsi pengawasannya, meski segala kemungkinan tetap bisa terjadi, termasuk kemungkinan buruk yang tidak dipetakan sebelumnya.

Semoga artikel sederhana ini bisa menambah wawasan, mohon untuk tidak melakukan copy paste , jika anda tertarik dengan isi ulasan ini maka cukup rekomendasikan dengan memberi link ke tautan ini agar pembaca yang ada situs anda mendapatkan informasi yan relevan. Terima kasih

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *