Algoritma Google Terbaru Pencarian Mobile

Secara resmi google telah melakukan perubahan (bisa juga disebut dengan penyesuaian) terhadap algoritma pencariannya secara global. Mungkin anda sudah mengenal nama nama algo sebelumnya seperti panda, pinguin, hummingbird, caffein dan lain sebagainya. Namun perubahan kali ini google tidak memberi nama baru.

Berdasarkan penjelasan yang diberikan oleh google, algoritma terbaru ini ditujukan untuk meningkatkan pengalaman pengguna pada pencarian mobile dan memberi dampak cukup siginifikan terhadap hasil pencarian pada perangkat keras. Maksud dari pernyataan ini adalah bahwa ketika situs atau web yang terindex oleh google tidak mampu memenuhi kualitas yang ditentukan oleh algoritma terbaru ini maka penurunan serp sudah pasti akan dialaminya.

Beberapa pesan penting yang bisa kita tangkap dari penyesuaian algorotma untuk pencarian mobile ini  adalah bahwa istilah situs atau blog yang mobile friendly benar benar harus makin diperhatikan. Memang kita sudah lama mengenal istilah blog responsive atau website yang resposif, namun responsivitas yang dimaksud tetap harus menyesuaikan dengan kehendak google kalau tak ingin terlempar dari posisi strategis.

Lalu apa saja yang harus kita siapkan agar dampak algojo terbaru ini tidak sampai memenggal posisi yang selama ini sudah kita capai? 7 hal yang akan admin sampaikan berikut ini mungkin bisa menjadi tambahan solusi, namun jangan memandang ini adalah nasehat, sebab admin sendiri juga masih newbie, silahkan lakukan 7 langkah berikut sebagai amunisi baru :

1. Lakukan evaluasi terhadap posisi blog/situs anda, apakah menurun atau cenderung naik? Jika situs anda mengalami penuruna n dranstis, serp melorot jauh maka itu bisa jadi ada efek atas perubahan algoritma mobile yang mulai diberlakukan 21 april lalu oleh google. Tetapi mohon dicatat bahwa penurunan serp tidak hanya ditentukan oleh algo baru, silahkan evaluasi juga situs kompetitor yang terdekat dengan anda, siapa tahu mereka sudah merombak atau menambah aspek lain yang membuat anda kalah jauh.

2. Tinjau template atau desain situs web yang anda miliki saat ini. Banyak orang memakai template bagus, keren dan mahal harganya, tetapi satu hal yang tak boleh dilupakan adalah bahwa situs harus tetap memenuhi standar algoritma jika masih menggantungkan masa depan pada hasil pemeringkatan google. Jika anda memakai layanan blogspot maka jangan pernah menganggap enteng template standar yang disediakan disana. Karena saya sudah coba mengetes beberapa theme yang ada dan semuanya memenuhi syarat dengan perubahan algo mobile saat ini.

3. Pastikan anda mempunyai situs web yang cepat ketika diakses. Banyak orang terlena (mungkin juga tidak tahu) kalau blog yang dimilikinya sangat lambat saat diakses melalui perangkat mobile. Buang saja pernak pernik yang akan memberatkan loading situs atau iklan iklan pihak ketiga yang tidak lagi menguntungkan.

4. Permudah pengunjung dengan tombol navigasi yang jaraknya tidak saling berbenturan atau saling tumpang tindih. Jangan sampai visitor kesulitan ketika akan mengklik tautan , atau salah klik akibat navigasi yang berantakkan. Mereka sangat kecewa sebagaimana anda yang akan sedikit emosi ketika harus berputar putar dulu sebelum menuju link yang ditargetkan. Desain ulang penempatan navigasi dan rombak menjadi lebih mobile friendly.

5. Selalu perhatikan kualitas konten yang ada pada situs web. Ada baiknya tidak perlu memasang file yang membutuhkan dukungan adobe flash ketika ingin menampilkan video, sebab ini bisa membuat pengunjung kabur atau bisa jadi menuduh anda membodohi mereka karena video yang dijanjikan tak bsa ditonton lewat perangkat yang dimilikinya.

6. Jangan memakai hosting yang sering down. Entah itu hosting gratisan atau premium sebenarnya tidak apa apa, yang penting pilihlah layanan hosting yang selalu up, jarang down dan cepat. Ini sangat penting , karena situs anda bisa gagal diakses ketika hosting yang dipakai selalu bermasalah. Semakin sering situs anda down maka posisi di pencarian mobile ataupun pencarian lama akan gampang dikalahkan oleh kompetitor anda.

7. Lakukan test seberapa mobile situs/blog anda. Google sudah menyediakan layanan resminya untuk mengukur apakah website anda sudah memenuhi syarat atau belum. Bagi anda yang belum pernah menggunakan alat ukur ini maka bisa melakukan test sekarang . Silahkan mulai klik disini


Demikian yang bisa admin sampaikan, semoga tulisan ini tidak menambah bingung , namun satu harapan yang ada dalam pikiran saya adalah bahwa konten ini mpembawa manfaat nyata untuk semua pembaca toko-bagus.my.id. Jangan hanya membaca disini, anda bisa terus menggali info terbaru seputar algoritma yang berubah di situs lain yang jauh lebih kredible. Terima kasih dan selamat berjuang untuk menyambut tantangan baru dari google.

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *