7 keunggulan domain id dibalik kelemahan com

Perdebatan seputar apa saja kelemahan dan keunggulan domain dot id dibanding tld atau ektensi internasional yang sudah lebih dulu ada masih berlangsung entah sampai kapan. Orang masih ramai membicarakan mana nama ektensi yang akan diambil, tld atau id? Khusus untuk anda yang lagi menimbang nimbang maka bisa membaca dulu artikel saya yang lain disini ekstensi domain yang paling bagus . Berikut adalah sisi keunggulan ataupun kelemahan dari domain id :

1. Domain id secara tidak langsung menguntungkan nama Indonesia di dunia internasional. Ketika orang ramai ramai pakai dot id maka para pengguna internet di seluruh dunia yang mengunjungi situs dengan ekstensi id secara tidak langsung akan mengenal negeri ini. Utamanya mereka yang sudah paham kalau .id itu melambangkan ekstensi itu mewakili Indonesia.

2. Beberapa ekstensi domain .id harganya lebih murah dibanding dengan TLD. Sebut saja untuk .web.id rata rata dijual dengan harga 50 ribuan sementara untuk .com, net dan .org kini makin mahal, bisa 3x lipat dari harga beberapa ektstensi .id. Terlebih lagi dengan fluktuasi nilai dolar terhadap rupiah yang secara langsung akan berdampak pada perubahan harga TLD.

3. Lebih baik pakai domain .id daripada mempercayakan usaha online anda dengan subdomain gratisan. Mohon berhati hati dengan yang namanya subdomain gratisan, karena pemilik utama sewaktu waktu bisa menghapusnya tanpa harus menjelaskan alasannya. Yang terkenal sering menghapus subdomain gratisan adalah Google untuk pada blog blog di bawah naungan blogger. Kasihan sekali jika usaha anda sia sia, optimasi yang demikian kuat sudah tak berguna lagi ketika itu semua lenyap karena dianggap melanggar aturan blogspot.

4. Meningkatkan kepercayaan pengguna. Perusahaan yang memakai nama domain id akan sangat mudah diingat oleh konsumen, bahkan mereka sudah sangat familiar dengan dot co dot id. Kita tahu kepercayaan konsumen adalah segalanya, tak akan ada bisnis kalau tingkat kepercayaan yang diberikan juga tidak ada. Ditambah lagi saat ini sangat marak berbagai jenis penipuan sehingga konsumen sangat berhati hati dalam menentukan situs yang akan dikunjunginya.

5. Pemakaian domain .id akan meningkatkan daya tawar pelaku bisnis online di Indonesia. Pernahkah anda bertanya berapa keuntungan yang diraih oleh .com .net  atau pemilik top level domain lainnya? Tiap hari ada ratusan juta keuntungan yang masuk ke mereka, karena jumlah domain yang disewa dengan ekstensi top level domain terus bertambah. Bagaimana dengan pemilik .id, apakah juga mendapatkan pemasukan yang signifikan? Untuk saat ini masih kalah dengan tld, tetapi kita tahu bahwa Indonesia adalah salah satu pasar domain terbesar di dunia, buktinya banyak registrar luar mengembangkan sayap bisnisnya di bumi nusantara.

6. Ekstensi domain .id juga punya beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan yang ada adalah belum banyak penjual domain tersebut yang menyediakan layanan manage dns agar penyewa bisa mengatur langsung dari member area. Bukan hanya mengganti NS , tetapi juga kemampuan untuk menambah A Record, CNAME dan record record lainnnya saat kita memanage suatu domain. Sisi kelemahan ini kadang menimbulkan keengganan calon pembeli untuk memakai nama doamin .id dan lebih memilih dot com atau dot net.

7. Satu sisi kekurangan yang ada pada domain .id ialah proses aktiviasi yang lebih lambat. Namun hal itu adalah proses yang alami, karena pembeli domain id diwjibkan untuk mengupload dokumen dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, SIUP dan lain sebagainya. Proses akan bertambah lama ketika pihak penjual lambat dalam menangani pesanan. Sebagian orang merasa jengkel dan emosi ketika mereka sudah melakukan pembayaran, dokumen sudah diupload dan konfirmasi juga sudah dilakukan , tetapi domain belum kunjung aktif juga. Persoalan yang jadi kelemahan itu hendaknya tak perlu terulang agar kian banyak orang memakai nama domain dengan ektstensi .id.

Bagaimana mas bro dan mbak sis, anda sudah punya domain id belum? Jika belum maka segera membeli ya, disini saya tak akan merekomendasikan harus beli dimana, karena saya yakin anda bukan anak kecil lagi, he he. Silahkan anda pilih penjual yang menurut anda layak dipercaya, masing masing orang punya pilihan. Namun secara pribadi saya doakan agar semua penjual domain  .id di Indonesia selalu laris, maju bisnisnya dan tidak lambat dalam menangani pesanan.

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *