7 cara memasarkan toko online bisnis

Bagaimana cara mengenalkan dan memasarkan toko online yang dikelola agar banyak yang datang untuk melihat dan membeli produk di situs anda? Memiliki toko online pribadi memang menarik dan lebih menjanjikan ketika anda sangat serius ingin berhasil. Sebagai bahan tambahan wawasan maka 7 cara berikut bisa anda coba untuk memasarkan toko bisnis online di dunia maya :

1. Lakukan promosi secara terencana. Sebagian orang memasang iklan dimana mana namun mereka lupa tidak mencatat dan mengavaluasi  hasil yang diperoleh. Pemilik toko online kadang percaya kalau sudah beriklan maka secara otomatis akan gampang dikenal dan jadi populer. Sebenarnya agak keliru, sebab iklan yang anda pasang bisa saja kurang efektif atau bahkan tak ada yang melihat iklan anda,silahkan gabungkan pada langkah kedua berikut;

2. Gunakan nama domain premium. Jika anda membangun toko online memakai layanan subdomain gratisan maka sangatlah beresiko, utamanya ketika pemilik layanan mengalami kebangkrutan, bermasalah dan gangguan dari berbagai sisi. Daripada anda memasarkan toko online orang lain maka jauh lebih baik memasarkan toko sendiri meski nama yang anda pakai belum terkenal atau kalah populer dengan toko yang sudah lebih dulu merajai. Jangan lupakan yang ketiga ;

3. Jangan hanya terfokus pada desain dan tampilan toko online. Tahukah anda banyak toko online memilik tampilan bagus namun selalu sepi karena tak ada yang mengunjunginya. Ibaratnya ada sebuah rumah yang sangat mewah di tengah belantara hutan yang jauh dari keramaian. Desain memang penting, namun kunjungan ke toko anda jauh lebih penting lagi, karena merekalah yang akan jadi calon pembeli terhadap produk yang anda tawarkan, cek point keempat ;

4. Tampilkan sesederhana mungkin dan semudah mungkin agar semua kalangan bisa memakai situs toko online anda. Salah satu rahasia google adalah karena mereka tampil begitu simple, coba anda lihat ketika pertama kali membuka google, bukankah tampilan situsnya sangat sederhana, tidak berisi macam macam ? Oke, mungkin anda membantah...lho google kan bukan toko online , tetapi mesin pencari. Pertanyaan yang perlu anda jawab apa bedanya toko online dengan mesin pencari, bukankah kedua duanya sama sama mencari keuntungan?

5. Pastikan anda selalu mencatat dan mengoleksi nomor telepon atau email calon pembeli. Anda harus percaya bahwa rata rata orang tidak langsung membeli ketika mereka pertama kali mengunjungi toko online meski saat itu anda membuat tawaran diskon 99% atau bahkan gratis!. Ini adalah kebiasaan umum calon pembeli, mereka hanya akan membeli setelah merasa yakin dan percaya bagaimana reputasi yang anda miliki. Dengan mendata calon konsumen maka di lain waktu anda bisa menghubungi ulang mereka dan mengingatkan mereka untuk datang lagi ke toko online anda. Agar tahapan ini bekerja maka poin keenam sangat penting anda lakukan :

6. Lakukan pendekatan melalui sms, telepon , email dan jadilah teman mereka di facebook dan twitter atau situs jejaring sosial lainnya. Dimanapun anda, jangan pernah lupa untuk menyebutkan siapa diri anda, cantumkan selalu nama toko online anda di bawah tiap pesan pada saat yang tepat. Tidak perlu membabi buta dengan mengirimkan banyak pesan pada calon pelanggan, karena mereka akan memblokir nama anda untuk selama lamanya. Sedikit bersabar akan memberikan hasil yang lebih besar dimasa yang akan datang ketika anda menggabungkan dengan point ketujuh ini ;

7. Terus tingkatkan hubungan dengan calon pelanggan, anda bisa memberikan bonus bonus menarik sebelum mereka menjadi pelanggan dan berikan bonus yang lebih besar lagi ketika seseorang sudah menjadi pelanggan . Jangan malah dibalik, bonus diberikan sebesar besarnya kepada orang yang belum jelas akan menjadi konsumen anda sementara disisi lain mengabaikan komplain dari orang orang yang sudah setia percaya kepada toko online anda.

Mungkin anda terobsesi ingin punya ribuan pelanggan baru, namun sekali lagi langkah menginginkan segalanya dengan cepat hanya akan mendatangkan kekecewaan. Banyak toko online gagal dan gulung tikar bukan karena tak adanya pelanggan, namun mereka mengabaikan pelanggan pelanggan yang sudah setia membesarkan bisnisnya.

Oleh karena itu sedikit pelanggan yang diperoleh dengan hubungan yang berkualitas jauh lebih baik dibandingkan dengan mendatangkan jutaan pelanggan untuk ditelantarkan. Ingat baik baik... pelanggan yang kecewa adalah pintu kebocoran dan kehancuran bisnis anda, mereka angkat kaki dari toko online anda untuk selama lamanya.

Bagaimana , apakah 7 cara yang admin www.gagal.id ini berguna untuk anda? Semoga ada manfaatnya dan bisa anda pakai sebagai tambahan dalam memasarkan bisnis anda ke arah yang lebih baik. Atau jika anda membutuhkan bantuan dalam hal pemasaran toko online maka admin juga bisa membantunya. Terima kasih

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *