Pesan Seorang Miliarder Kepada Generasi Muda

Dalam sebuah seminar yang diperuntukkan bagi para entrepreneur muda, pemilik perusahaan raksasa Alibaba, Jack Ma, memberikan satu wejangan kepada para generasi muda untuk menuju jalan sukses.


“Jika Anda ingin memulai bisnis, luangkanlah lebih banyak waktu untuk berpikir mengapa orang lain bisa gagal, bukan berpikir mengapa orang lain sukses.


Begitu Anda memutuskan untuk memilih jalan untuk berbisnis, maka janganlah takut untuk gagal!


Jika takut gagal, maka jangan berbisnis!


Sesungguhnya, kegagalan tidaklah begitu menakutkan. Anda juga tidak akan masuk penjara jika gagal. Gagal, bisa dimulai dari awal.


Akhir kehidupan manusia bukanlah apa yang Anda dapatkan, tetapi apa yang Anda telah lalui.


Sebetulnya, apa yang saat ini paling dibanggakan oleh Alibaba? Semua orang yang hadir di sini bersedia untuk mendengarkan berapa banyak prestasi cemerlang yang telah didapatkan oleh Alibaba? Ataukah untuk mendengarkan berapa banyak kesalahan bodoh yang telah dilakukan selama 15 tahun ini?


Semua pasti berkata : Kesalahan bodoh lebih baik.


Kekecewaan, kesalahan, justru adalah kekayaan yang paling berharga. Kesalahan yang orang lain lakukan, Anda juga bisa lakukan. Jangan mengira Anda jenius. Semua manusia sama. Jadi asal bisa menghindari kesalahan yang sering orang lain lakukan, barulah punya kemungkinan untuk sukses.


Ada satu hal yang juga ingin saya bagikan kepada seluruh generasi muda.


1. Mereka pasti sangat optimis melihat masa depan.
2. Mereka tidak pernah komplain, hanya terus introspeksi diri.
3. Mereka harus melebihi kerja keras orang biasa.

Jika tidak mempunyai kualitas itu, maka Anda tidak akan bisa jalan terlalu jauh.


Saya menyadari satu hal, hampir seluruh orang sukses, setelah menghadapi kesulitan dan melakukan kesalahan, selalu introspeksi diri terlebih dahulu, “Saya tidak melakukan ini dengan baik, dan seterusnya….”Orang yang betul-betul sukses adalah orang yang mengubah dirinya sendiri!”


Kehebatan seseorang tidak tergantung dari apapun dan siapapun. Yang terpenting atau syarat dasarnya adalah kerja keras dan konsistensi.

Untuk menutup tulisan ini, simak ungkapan dari Vladimir Horowitz, seorang pianis dan komposer hebat dari Rusia: "Jika saya tidak berlatih selama sehari, aku tahu itu. Jika saya tidak berlatih selama dua hari, istri saya tahu itu.. Tetapi, jika saya tidak berlatih selama tiga hari, dunia tahu itu."

Semoga kita semua dapat terinspirasi untuk menemukan jalan kita sendiri yang autentik, menuju kebesaran dan kemuliaan yang kita cita-citakan.

Salam Sukses Luar Biasa!

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *