7 Tindakan Kecil Yang Mengubah Dunia

Pembaca www.gagal.id yang baik... Semoga kabar menyenangkan selalu menyertai hidup para pembaca dimanapun anda berada. Pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan 7 tindakan kecil yang telah mengubah dunia menjadi maju seperti yang kita rasakan saat ini. Ketujuh hal yang saya maksud adalah sebagai berikut : 

Pertama adalah senyum yang kita berikan kepada orang lain. Senyum merupakan hal yang bisa kita lakukan tanpa harus mengeluarkan biaya, konon orang yang murah senyum pun akan nampak lebih muda dari usia sebenarnya. Tetapi satu fakta yang tak bisa dibantah adalah bahwa saat ini senyum seperti sesuatu yang mahal, saat kita bertemu dengan teman pun kadang lupa tidak menyapanya dengan senyum terbaik yang bisa kita berikan. 

Padahal para ahli mengatakan jika senyum bisa membangkitkan semangat baru dan menciptakan keakraban yang begitu dahsyat. Bahkan gara gara masalah senyum,Leonardo Da Vinci sampai mengabadikannya dalam lukisan "Senyum Monalisa" yang terkenal ke seantero jagat raya. Kedua, menebar sikap ramah kepada sesama. Kadang ngeri juga kalau melihat aksi tawuran antar pelajar saat ini, nampaknya nilai keramahan mulai luntur sementara egoisme dan rasa gengsi yang berlebihan kian membaur dalam jiwa. 

Sungguh indah kalau kita selalu berusaha ramah kepada sesama, menyapa teman atau orang baru dengan sedikit keramahan hingga tercipta suasana yang bersahabat. Keramahan yang pada dasarnya bisa dilakukan oleh semua orang kini lebih banyak kita temukan di bank, hotel hotel berbintang dan pusat layanan bisnis. Tentunya kita bisa mulai menambah sedikit keramahan kepada tetangga kalau di hari kemarin kita lebih banyak tampil dengan ego yang tinggi. Masyarakat yang sukses dan tenteram jiwanya adalah masyarakat yang dibangun di atas keramahan. 

Dengan melatih diri menjadi lebih ramah maka peluang kita untuk berhasil dan sukses dalam hidup ini akan lebih terbuka dibanding kalau kita tetap menonjolkan kesombongan kepada sesama. Ketiga, mengucapkan selamat kepada teman atau orang yang baru mencapai kesuksesan. Sekecil apapun keberhasilan yang dicapai oleh teman kita maka jangan pernah lupa untuk mengucapkan selamat kepadanya. Jangan pernah terlambat untuk berkata : 

"Selamat ya atas keberhasilanmu"... atau dengan kata kata lain yang bisa menambah kebahagiaan teman kita. Para ahli mencatat bahwa di dunia ini ada jutaan manusia yang masih kelaparan dan kekurangan uang, tetapi mereka juga memahami kalau di dunia ini ada milyaran manusia yang kekurangan kata kata penyemangat yang memberi harapan dari orang orang terdekatnya. 

Ucapan selamat memang hal kecil tetapi jangan pernah kita lupakan karena hal itu telah terbukti memberi dampak yang mengubah dunia. Keempat, biasakan untuk mengucapkan terima kasih. Terima kasih hanya terdiri dari dua kata, tidak begitu lama sebenarnya untuk mengucapkannya ataupun merangkainya dalam bentuk tulisan. Orang yang pandai berterima kasih secara umum adalah mereka yang terlatih untuk memberikan hal hal yang berguna untuk sesamanya. 

Para ahli mengungkapkan bukti bahwa orang yang selalu berterima kasih atas kebaikan yang diterimanya dikemudian hari mampu menjadi pemimpin yang amanah, jujur dan peduli kepada orang orang yang dipimpinnya. Rasa terima kasih tentu sifatnya timbal balik, bisa dilakukan oleh atasan untuk bawahan atau disampaikan oleh anak buah kepada pimpinannya. Harus kita sadari bahwa kita begitu sering melupakan jasa baik orang lain, kita lupa tak mengucapkan terima kasih walau itu hanya dengan kata kata terima kasih pak, terima kasih ya bu, dan lain sebagainya. 

Dengan tingkat ketelitian yang tinggi maka kita akan menemukan bahwa perusahaan yang paling sukses di dunia adalah mereka yang paling bisa mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pelanggan atau konsumennya. Kelima, geser dikit donk.... . Ini merupakan kalimat pendek yang banyak diabaikan oleh penumpang di kendaraan umum. 

Kita sering menyaksikan bagaimana sebagian penumpang begitu egois tak mau menggeser posisinya saat mereka berada di dalam kendaraan umum. Kalau masih sama sama muda tak apa, namun kadang ada ibu ibu yang membawa bayi terpaksa mengambil posisi yang cukup sulit gara gara penumpang lama tak mau bergeser. Okelah kita mungkin tak akan bertemu dengan orang yang kerepotan tadi tetapi yakinlah bahwa kita akan sangat menyesal andai kelak hal yang serupa menimpa kita.

Tentu tulisan geser dikit dong mengajarkan kita untuk bisa mengalah demi kebaikan orang lain. Kita tak akan mungkin jadi terhina gara gara mengalah dan memberikan tempat yang lebih baik untuk orang lain, karena apa yang kita lakukan pasti juga akan kembali pada diri kita di lain waktu. Keenam, hargai sales yang datang ke rumah kita. Apakah kita sering antipati dengan yang namanya salesman? Mungkin iya, kadang malah ada rumah yang diberi label , "Tidak menerima sales produk apapun". Padahal kalau kita pelajari atau minimal mau mengambil pelajaran dari mereka tentu akan banyak hal yang bisa kita peroleh. 

Di dunia ini apa sich yang tak berhubungan dengan penjualan, bagaimana jadinya kalau negara ini begitu lemah daya jualnya, bukankah bisa bangkrut dan hancur friend ? Ya walau kita tak suka dengan produknya minimal kita bisa menghargai mereka sebagai manusia, mereka adalah orang orang yang sedang mencari rizki, mereka jauh lebih mulia daripada orang orang yang malas bekerja. 

Sales adalah bagian dari pengubah dunia, mereka hendaknya kita hargai sebagaimana kita menghargai orang orang yang bekerja di pabrik,instansi pemerintah, dan lain sebagainya. Ketujuh, dengarkan cerita teman anda. Teman yang baik tentu bukan teman yang pandai bicara tetapi tak mau tahu saat anda sedang bercerita. 

Mendengar lebih memerlukan kesabaran dibandingkan dengan bicara, kalau kita selalu mampu menempatkan diri sebagai pendengar yang baik maka cepat atau lambat akan makin banyak orang yang memberi kepercayaan kepada kita dalam urusan urusan yang sangat penting. Semoga tujuh hal kecil yang saya share ini benar benar berguna untuk saya dan juga para pembaca. 

Sebagai penutup tulisan ini ijinkan saya mengucapkan terima kasih dan dengan penuh rasa rendah hati tak lupa kiranya pembaca bisa memaafkan saya kalau dalam tulisan kali ini ada kata kata yang kurang berkenan. Jangan sungkan untuk berkomentar atau memberi masukan yang positif, mari kita belajar bersama untuk menjadi manusia yang lebih beruntung daripada hari kemarin. Kalau ada diantara pembaca yang tertarik untuk mengcopy tulisan ini maka jangan lupa untuk memberi link aktif dengan anchor teks www.gagal.id

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *