7 Upaya Menjadikan Hubungan Cinta Lebih Tahan Lama

Sebagaimana kita pahami terkadang hubungan cinta memudar ketika apa yang kita inginkan tak tercapai atau kurang berjalan sebagaimana yang kita bayangkan. Keindahan dan masa masa yang romantis dalam menjalin hubungan tak terasa mulai terkikis oleh hal hal yang dirasa tidak penting lagi atau kita anggap sudah membosankan. 

Rasa bosan dalam membina hubungan hampir selalu menimpa manusia, semangat untuk terus mencintai sedikit demi sedikit memudar tanpa bisa dikendalikan lagi. Tentunya kita tak pernah menghendaki kemalangan dan segala hal yang tidak menyenangkan dalam membina hubungan, kita berharap orang yang kita cintai tetap mencintai kita dan menempatkan ita sebagai orang yang paling istimewa di hatinnya. Oke jika kita sepakat demgan hal ini maka 7 langkah sederhana berikut bisa kita lakukan untuk menjadikan hubungan cinta lebih awet dan tahan lama dimasa masa berikutnya.

Pertama, jangan berpikir mengenai keuntungan finasial. Hubungan cinta yang dibangun diatas fondasi uang atau atas dasar materi biasanya tidak berlangsung lama. Keindahan yang diperoleh hanya berlangsung di awal awal hubungan saat kita masih memiliki banyak harta, namun ketika kita jatuh bangkrut dan kehilangan banyak uang maka keindahan yang selama ini kita puja puja lenyap begitu saja. 

Tak ada kekecewaan yang lebih dalam selain penyesalan, kadang kita menyesal mengapa harus mencintai orang yang sama sekali tidak menerima kita secara apa adanya, tetapi ia menerma kita karena ada uangnya. Uang memang penting, kita semua memerlukan uang, mencintai orang juga butuh uang, tetapi kita pasti tak mau dicintai orang ketika punya uang dan ditinggalkan orang ketika uang menghilang.

Kedua, berikan pujian yang tulus kepada kekasih. Apakah kita termasuk orang yang jarang memuji pasangan karena memang merasa tak nyaman dan takut dikatakan gombal? Jangan takut... mulai detik ini berikanlah pujian kepada orang yang kita cintai, meski terkesan gombal tetapi pasangan akan merasa bahagia, hampir semu orang jadi lebih bahagia ketika mereka menerima pujian dari kekasihnya. 

Lakukan langkah ini dengan tepat dan ucapkan dengan bahasa yang disertai dengan perasaan terbaik. Tidak harus menunggu sang kekasih meraih prestasi tinggi, saat mereka datang tepat waktu maka pujilah ia sebagai manusia yang dispilin dan layak kita teladani. 

Ketika seorang istri memasak dan menemani suami makan siang maka katakan bahwa masakan sang istri tak kalah dengan kelezatan masakan yang ada di restauran termahal. Dimanapun dan dalam kejadian apapun maka segera berikan pujian , karena pujian ini akan membuat hatinya lebih bahagia, sehingga ia akan teramat bangga memiliki pasangan sebaik kita !

Ketiga, luangkan waktu untuk memberi perhatian lebih pada saat kita sangat sibuk. Apakah kita termasuk orang yang super sibuk dengan jadwal kegiatan yang sangat padat? Tidak masalah, semakin sibuk itu justeru menandakan kalau kita punya peran penting dalam masyarakat. Pasangan pada dasarnya tak akan mempermasalahkan kesibukan yang kita miliki, mereka hanya meminta sedikit perhatian disela sela kesibukan kita. 

Kalau kita harus keluar kota maka tetap atur waktu untuk menelpon pasangan, jelaskan dengan bahasa yang santun bahwa apa yang kita lakukan untuk kebaikan bersama, katakan bahwa kita ingin segera pulang sebelum acara selesai. Selama kita selalu berusaha jujur pada diri sendiri maka pasangan secara natural akan percaya dengan apa yang kita lakukan. 

Kecuali kalau kita sering ketahuan berbohong maka walau kita melakukan dengan cara terbaik sekalipun maka mereka tak akan pernah percaya lagi. Perhatian yang benar tidak harus dilakukan dengan pola posesif tetapi sedikit perhatian yang dilandasi kejujuran itu sudah cukup ampuh untuk mempertahankan hubungan.

Keempat, terlibatlah secara aktif untuk mengasuh anak. Suami atau istri akan sangat senang ketika pasangan termasuk tipe manusia yang peduli untuk ikut serta dalam pengasuhan anak. Suami tak ada salahnya untuk menemani anak ketika istri sedang memasak atau berbelanja. 

Bahkan sebuah studi mutakhir menemukan bukti baru dan menyatakan bahwa anak anak yang diasuh secara harmonis oleh ayah dan ibunya akan tumbuh menjadi anak yang lebih percaya diri, mereka akan mencintai ilmu pengetahuan, bahasa, musik, dan matematika. Mereka akan punya mental yang tangguh dan sangat pandai menyesuaikan diri dalam pergaulan. 

Seorang suami bisa meluangkan sedikit waktu untuk bersama anak,mungkin 1 atau 2 jam itu cukup, karena nantinya secara otomatis anak akan minta untuk ikut dengan sang ibundanya lagi. Bagaimana jadinya ketika istri tak mau mengasuh anak, dia melemparkan tanggung jawab itu kepada suaminya, sementara suami harus bekerja ? 

Atau istri sangat kesal karena suami tak mau memberikan sedikit waktunya untuk menemani anak saat dia sedang kerepotan, bukankah kalau hal ini terus dibiarkan hubungan cinta yang terjalin bisa berujung pada perceraian?

Kelima, jangan pernah menyimpan masalah sendirian. Bagikan persoalan dan beban berat yang kita hadapi dengan pasangan, ajak mereka untuk memahami masalah atau tantangan hidup. Pasangan yang baik akan selalu setia berada di samping kita ketika kehancuran atau ketakberdayaan menimpa diri kita. 

Mereka akan memberi semangat ketika banyak orang mencaci maki kita, mereka akan tetap percaya jika kita bisa disaat semua orang menganggap kita tak berguna, Kita semua memerlukan pasangan hidup seperti ini, karena itu lebih penting dari segala modal yang ada di dunia ini. 

Mungkin mereka tidak ganteng atau tidak cantik, tetapi komitmen dan kesetiannya bisa mengubah semua masalah yang kita hadapi di dunia ini. Masalah bukan untuk disimpan, jangan pernah menyembunyikan masalah apapun dari pasangan, karena suatu saat pasti dia akan tahu dan kalau tidak siap maka bisa membuat hubungan jadi babak belum. Terbuka dan segera bagi keluh kesah dengan pasangan sejak awal akan menghindarkan hal hal negatif dikemudian hari.

Keenam, rencanakan rekreasi secara khusus. Ini adalah bentuk terima kasih untuk pasangan, bagi kita yang telah menikah maka bisa menghitung jumlah waktu yang telah dipakai oleh pasangan dalam berjuang bersama kita. Seorang suami secara diam dian bisa menyisihkan sejumlah uang untuk ditabung dengan tujuan sebagai hadiah untuk istri. 

Begitu juga dengan istri, ia bisa menyimpan sebagian uang yang diberikan suami dalam bentuk tabungan pribadi. Kalau suami istri bisa bertindak seperti ini dan pada saat yang tepat bisa memberikan apa yang ditabungnya itu sebagai kejutan maka hubungan akan makin kuat dan tahan lama. 

Hadiah itu bisa diwujudkan untuk kepentingan rekreasi, makan di tempat yang enak, dan untuk membeli barang yang tak terbayang oleh pasangan. Tabungan semacam ini perlu direncanakan,kalau perlu di awal awal nikah sudah mulai dilakukan agar jumlah yang dikumpulkan bisa lebih besar. Pernahkah kita membayangkan untuk memberikan hadiah keliling dunia untuk orang yang kita cintai ?

Ketujuh, sama sama memperbaiki akhlak menjadi lebih baik. Perpisahan antara dua orang yang saling mencintai biasanya diawali dengan pertengkaran kecil yang dilanjutkan dengan kata kata kasar dan perilaku buruk lainnya. 

Perpecahan dan ketidakharmonisan hubungan bisa ditekan dengan bijak ketika kita belajar untuk memperbaiki akhlak, tidak hanya salah satu yang melakukan upaya perbaikan, tetapi semua sama sama melakukan tindakan nyata untuk terus meningkatkan diri menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. 

Terus belajar dari pengalaman dengan prinsip menghargai pandangan pasangan, belajar menerima kekurangan yang terdapat pada pasangan, dan belajar memakai kata kata yang lebih halus untuk pasangan. Kalau memang harus marah maka lakukan dengan cara yang tepat dan juga pada saat yang tepat pula. 

Untuk melakukan perbaikan ini maka kita bisa memperdalam masalah agama dan terus menggali ajaran ajaran mulia yang kita yakini dengan tujuan utama untuk mencari pertolongan Tuhan Semesta Dunia. Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk langsung membagikan kepada teman teman anda yang ada di facebook. www.gagal.id mengucapkan terima kasih.

100 Orang Sudah Membaca Ini

Tabungan yang paling menguntungkan

Saat anda bertanya sebenarnya tabungan yang paling menguntungkan seperti apa, karena hampir semua bank menyatakan jika produk tabungan yang...

Order Jasa Kami? Cantumkan No HP dan Rincikan Rencana Anda

Nama

Email *

Pesan *